TNI bersama masyarakat(Foto: Istimewa)

Wujudkan Ketahanan Nasional, TNI Gelar TMMD

Trubus.id -- Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, menegaskan, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu solusi dalam mewujudkan ketahanan nasional.

"Ini merupakan komitmen pengabdian TNI kepada rakyat Indonesia dalam mengimplementasikan jati dirinya sebagai tentara profesional, tentara rakyat, tentara pejuang, dan tentara nasional, sesuai Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI," ujarnya dalam pembukaan Rakornis TMMD Ke-101, yang turut dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Jakarta Barat, Selasa (13/3).

Ia berharap, agar TMMD dilakukan sebagai kegiatan luar biasa yang memerlukan upaya terobosan dan dukungan dari seluruh komponen bangsa yang sinergi dan solid. Selain itu upayanya harus terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan terkini dan kebutuhan masyarakat.

Baca Lainnya : Tanam 1000 Sukun, Upaya Komunitas Hijaukan Lereng Gunung Kelud

TMMD disebutkan Mulyono sebagai salah satu peran TNI AD, dalam partisipasi aktif untuk pembangunan Indonesia dari pinggiran. Selain itu juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, melalui program Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Kerja, dan Indonesia Sejahtera.

Sementara itu, kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini, diantaranya adalah perbaikan fasilitas seperti pembangunan sekolah, penyuluhan keagamaan, kesehatan, dan hukum, serta pembekalan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara oleh seluruh jajaran TNI AD kepada generasi muda, baik secara formal dan nonformal.

Baca Lainnya : Mendes: Dana Desa di APBN 2019 Akan Ditambah

Tujuan program TMMD sendiri ialah wujud pelestarian nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu gotong royong dalam pembangunan masyarakat.

Pelaksanaan TMMD Ke-101 tahun 2018, akan dilaksanakan selama 30 hari, dimulai pada 28 Maret sampai dengan 26 April 2018 di 50 kabupaten/kota seluruh Indonesia.  Jumlah personel yang terlibat sebanyak 7.500 orang, terdiri dari unsur TNI/Polri, kementerian/LPNK, pemda, dan masyarakat. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

22%

Bahagia

6%

Terinspirasi

11%

Bangga

11%

Sedih

17%

Kaget

11%

Takut

11%

Marah

11%

LEAVE A COMMENT