Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Tingkatkan Daya Saing UMKM Dengan Tertib Pembukuan dan Administrasi

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM terus mengimbau para pelaku UMKM agar mereka tertib administrasi dan pembukuan. Hal itu dimaksudkan supaya UMKM semakin memiliki daya saing tinggi.

Asisten Deputi pada Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjarto mengatakan, saat ini masih banyak usaha mikro kecil yang belum melakukan hal itu, sehingga harus ada upaya perbaikan.

"Ya apalagi dengan kemajuan teknologi, mereka semakin tertinggal bila tidak melakukannya, karena sekarang sudah banyak aplikasi laporan keuangan dan akuntansi," kata Luhur di Jakarta, Senin (16/4).

Ia mengingatkan, jika UMKM mau naik kelas maka tidak hanya skala usahanya saja yang meningkat, tapi harus didukung dengan tertib administrasi.

Selain itu, tenaga pendamping dan KKMB juga diminta agar tidak hanya mengupayakan permodalan, namun juga mendampingi UMKM untuk tertib pada pembukuan.

"Nah dengan ini UMKM bisa lebih berdayaguna dan pada akhirnya akan tangguh serta mandiri," pungkasnya.

Dengan penerepan teknologi dengan, tentu banyak nilai positif apabila UMKM sudah terbiasa, contohnya pemasaran produk dapat melalui e-commerce, mendesain produk, dan memperluas jangkauan pemasaran produk dan sebagainya. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

14%

Bahagia

7%

Terinspirasi

7%

Bangga

14%

Sedih

7%

Kaget

7%

Takut

29%

Marah

14%

LEAVE A COMMENT