Taman Induk Cipayung Berpeluang Jadi Sentra Industri Kreatif Anak Muda

TrubusPreneur
By | Followers
16 Nov 2017   16:00

Komentar
Taman Induk Cipayung Berpeluang Jadi Sentra Industri Kreatif Anak Muda

KPMI (Foto : Foto: Agung Elang/Trubus.id)

Trubus.id -- Di era digital ini, masih ada sekumpulan anak muda yang membudidayakan hasil alam. Salah satunya memanfaatkan bambu menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Wahyudin, penasihat Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Indonesa (KPMI) Kota Depok mengapresiasi keberadaan Komunitas Bambu Muda (KBM) yang berada di Taman Induk, RW 011, Cipayung, Depok, Jawa Barat.

"KBM sebagai wadah kreativitas dihadapkan dapat meminimalisir dan menjawab segala tantangan masa depan remaja, juga solusi menangkal bahaya narkoba," kata Wahyudin saat ditemui di markas KBM, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, jika dikelola dengan baik, maka kegiatan seperti ini dapat menjadi industri kreatif, seperti yang didengung-dengungkan pemerintah. "Ini bukti pemuda Indonesia memiliki daya kreativitas yang bagus. Kita harus mendukungnya," tutur pria yang akrab disapa Bang Wahyu ini.

Ia berkeyakinan, jika didukung seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak berkompeten, apapun bisa terwujud.

Disebutkannya, para pemuda yang tergabung dalam KBM berhasil mengolah bambu menjadi berbagai produk di antaranya, jam dinding, hiasan lampu, dan miniatur rumah. "Semuanya 100 persen dibuat dari bambu dan tidak menyisakan limbah," ucapnya.

Kehadiran KBM juga diharapkan sebagai bentuk upaya melestarikan alam, khususnya terhadap tanaman bambu. Setiap hasil penjualan produk bambu, beberapa persennya akan digunakan untuk pengadaan bibit tanaman bambu.

Dalam membudidayakan tanaman bambu, tidak ada yang belajar secara khusus. Semua dilakukan dan dipelajari secara bersama-sama dan otodidak.

Saat ini, BKM memasarkan produk-produk dari bambu itu secara 'persekawanan' atau di kalangan orang terdekatnya saja.

"Kami juga mempromosikan melalui media sosial, tapi dirasa belum maksimal. Kami berharap ada perhatian dari pihak-pihak terkait, khususnya pemerintah daerah Depok untuk ikut mengembangkan usaha ini," tukasnya.

Menurut Wahyudin, tidak menutup kemungkinan, ke depannya Taman Induk Cipayung akan menjadi tujuan wisata, sekaligus sebagai sentra industri kreativitas anak muda di Depok. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: