Sukses Usaha Kopi, dari Kebun Ke Kafe

TrubusPreneur
By | Followers
06 Nov 2017   18:30

Komentar
Sukses Usaha Kopi, dari Kebun Ke Kafe

Kopi Merah (Foto : Foto: Majalah Trubus)

Trubus.id -- Generasi Alpha dan Z konon lebih suka menghabiskan uangnya untuk membayar pengalaman-pengalaman baru. Mereka lebih menyukai traveling dan belanja kenyamanan lainnya.  

Terbukti beberapa tahun belakangan fenomena kedai atau kafe kopi bak jamur pada musim hujan. Penikmat kopi rela merogoh kocek mulai dari Rp20.000—Rp50.000 untuk menenggak secangkir berbagai varian kopi kualitas premium. 

Peluang ini ditangkap oleh Pepeng Firmansyah. Laki-laki pemilik kedai Klinik Kopi  ini menyajikan kopi arabika spesialti  dan  kopi pascasangrai. 

Laki-laki yang mempunyai akun Twitter @escoret ini membeli kopi beras dari petani mitra seharga Rp80.000 per kilogram. Kemudian menjual biji pascasangrai pada kemasan 250 gram seharga Rp120.000. Usahanya ini cukup mendulang sukses besar.

Pepeng menambahkan harga produk sesuai dengan kualitas. Terbukti tempatnya terpilih menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2) karena menjadi salah satu kedai yang kelezatan kopinya tersohor di Yogyakarta.

Menurut pekebun kopi di Pangalengan, Ir Wildan Mustofa, industri kopi hilir sangat bergantung pada industri kopi di hulu. Pemilik Frinsa Agrolestari itu mengutamakan melakukan sesuatu sesuai bidang dan kemampuan. Kualitas kopi juga dipengaruhi banyak factor seperti bibit, iklim, budidaya, pemrosesan, dan mengolah di secangkir kopi. 
Menurut bagian pemasaran Malabar Mounatin Coffe, Asep Syam Arif, peluang di bagian  hulu pun menjanjikan.

Pada umur tanaman 5 tahun minimal menghasilkan 2 kg per pohon.

“Jika dikali harga terendah ceri Rp6.000 per  kg, petani mendapat Rp24 juta per musim atau rata-rata Rp2 juta per bulan dari satu hektare,” katanya. Total populasi 2.000 tanaman per hektare. Pendapatan itu meningkat jika petani menjual setidaknya dalam bentuk kopi beras. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: