Eko Putro Sandjojo, Mendes PDTT saat meninjau program padat karya tunai di Desa Bumiwangi, Bandung.(Foto: Kemendesa)

Peran BUMDes dalam Mengembangkan Desa Wisata

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi) meninjau program padat karya tunai dengan anggaran dari dana desa yang dilakukan oleh warga di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung, Jawa Barat.

Salah satu program padat karya tunai yang dilaksanakan ialah pembangunan pembukaan jalan area wisata Bukit Cula dengan panjang 800 meter dan lebar 3 meter, di mana pelaksanaannya dikerjakan selama enam hari.

"Potensi desa wisata itu besar sekali. Bumiwangi akan kembangkan wisata Bukit Cula. Oleh karena itu, kita harapkan peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi desanya," kata Eko, Mendes PDTT di Desa Bumiwangi.

Baca Lainnya: Tingkatkan Produksi, Presiden Jokowi Minta Petani Bersinergi dengan Mitra BUMDes Bersama

Eko yakin, pengelolaan wisata bukit cula oleh BUMDes akan berdampak pada perekonomian di Desa Bumiwangi. Sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa setempat.

"Saya dapat laporan, katanya pertanian di sini surplus dan akan membuat pertanian organik. Kalau bisa, BUMDesnya diarahkan untuk mengelola sampah-sampah yang bisa digunakan untuk membuat pupuk organik dan plastiknya dijual sebagai pelet, sehingga bisa menghasilkan tambahan pendapatan buat masyarakat di samping pertanian menjadi pertanian organik," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Bumiwangi, Rudi mengatakan jika anggaran Dana Desa untuk kegiatan padat karya tunai dipakai untuk mengembangkan area wisata bukit cula dengan pembukaan akses jalan.

Baca Lainnya: 2 BUMDes Bersama Bangun Pusat Perekonomian Desa di Demak

Sebanyak 20 hektare area wisata Bukit Cula akan dibentuk konservasi alam untuk pemulihan alam dan menahan erosi tanah.

"Bukit Cula ini harus dirawat dan dipulihkan dari sakit. Pemerintah Desa Bumiwangi dan warga telah berkomitmen agar Bukit Cula ini menjadi indah, aman, nyaman serta lingkungan hijaunya tertata dengan baik," kata Rudi.

Ia melanjutkan, "Sebagai wisata alam, Bukit Cula akan dikelola oleh BUMDes agar pendapatan desa juga meningkat. Ke depan, kita akan kembangkan juga area untuk wisata edukasi, embung, dan wisata minimalis di kawasan Bukit Cula." [DF]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

20%

Bahagia

15%

Terinspirasi

15%

Bangga

10%

Sedih

10%

Kaget

10%

Takut

10%

Marah

10%

LEAVE A COMMENT