Pemerintah Terus Genjot IKM Berbasis Daring Platform Digital

TrubusPreneur
By Astri Sofyanti | Followers 1
05 Juni 2018   18:00

Komentar
Pemerintah Terus Genjot IKM Berbasis Daring Platform Digital

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini pemerintah terus mendorong para pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) untuk bisa memasarkan produk-produk unggulannya melalui online. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengajak para pelaku IKM untuk masuk ke pasar daring melalui platform digital bernama e-Smart IKM.

“Ini merupakan peluang besar bagi para pelaku usaha IKM guna memperluas akses pasar melalui jejaring online,” jelas Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan (KSAK) di Kementerian Perindustrian, E Ratna Utarianingrum di Kuta, Selasa (5/6).

Baca Lainnya: Kemenperin Terus Dorong Daya Saing Industri Kerajinan Nasional Lewat e-Smart IKM

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini pemerintah berhasil mendorong 1.730 IKM masuk ke dalam pasar daring melalui e-Smart IKM.

“Tahun ini pemerintah menargetkan setidaknya 4 ribu IKM direkrut mengikuti program serupa. Hingga Mei 2018, data menunjukkan sudah ada seribu IKM yang mengikuti ini di beberapa provinsi,” sambungnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Staf Ahli Direktorat Jenderal IKM Kementerian Perindustrian, Nasaruddin Yunus. Ia mengatakan, ke depannya pelaku IKM didorong untuk dapat melakukan sertifikasi produknya agar memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Pemerintah memiliki Klinik HKI untuk industri kecil dengan syarat mendapatkan surat pengantar dari Dinas Perindustrian di kabupaten dan kota.

"Pemerintah akan memprioritaskan industri-industri wajib. Nilai investasinya maksimal Rp15 miliar," ungkap Nasaruddin.

Baca Lainnya: Menperin Airlangga Apresiasi APKASI Turut Mendorong Pengembangan IKM Nasional

Sebanyak 50 IKM sektor fashion, kerajinan, dan herbal yang berasal dari Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali mengikuti workshop e-Smart IKM yang berlangsung 5 juni 6 Juni 2018 di Kuta, Bali.

Selain itu, adanya pembinaan yang diperoleh bagi para pelaku IKM yang telah sukses untuk bisa mengakses pasar yang lebih luas lagi. Pemerintah juga memfasilitasi kepesertaan pelaku IKM dalam pameran nasional ataupun internasional. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: