Pelaku UKM, ilustrasi(Foto: Istimewa)

Pelaku IKM Batik Unjuk Gigi di Pameran Batik Prancis

Trubus.id -- Kementerian Perindustrian RI, terus mendukung segenap pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk berpartisipasi dalam pameran dunia bertema "Indonesia Batik For The World", yang akan berlangsung di markas UNESCO, Paris, Prancis, dari 6 hingga 12 Juni nanti.

"Dengan pameran ini, kami berupaya melestarikan batik sebagai warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009, sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity," ujar Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam siaran persnya, Rabu (30/5).

Selain itu, ia berharap dengan keikutsertaan pelaku IKM batik dalam pameran internasional bisa secara optimal mengekspansi pasar ekspor kain wastra Nusantara, ke berbagai negara.

Baca Lainnya: Kemenkop dan UKM Targetkan Furniture Rp 26 T pada  2018

Sementara, pameran batik di Paris ini akan mencakup acara peragaan busana, pertunjukan seni, serta lokakarya mengenai ragam kain batik berikut sejarahnya. Dijelaskan juga proses pembuatan kain batik, lalu perkembangan industri batik di tanah air.

"Jadi, kami akan perlihatkan kepada dunia tentang kualitas batik kita yang berdaya saing tinggi. Karena saat ini, Indonesia menjadi market leader yang menguasai pasar batik dunia," imbuhnya.

Baca Lainnya: Kesiapan UKM Untuk Go-Digital Masih Dirasa Rendah, Alasannya?

"Di pameran ini, Ditjen IKM akan memberikan fasilitasi booth kepada para IKM Batik Tulis kelas premium yang sesuai dengan selera pasar Eropa. Kami akan boyong pengrajin kain batik yang berasal dari Semarang, Kudus, Cirebon, juga wilayah Jawa Timur," sambungnya.

Kementerian Perindustrian mencatat, nilai ekspor batik berikut produk batik nasional, telah mencapai 58,46 juta dolar AS pada 2017. Dengan pasar utamanya adalah Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. [KW]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

30%

Bahagia

10%

Terinspirasi

10%

Bangga

10%

Sedih

10%

Kaget

10%

Takut

10%

Marah

10%

LEAVE A COMMENT