Patung Unik Khas Bali, Terbuat dari Akar Bambu yang Disenangi Konsumen Luar Negeri

TrubusPreneur
By Diah Fauziah | Followers 0
30 Mar 2018   16:00

Komentar
Patung Unik Khas Bali, Terbuat dari Akar Bambu yang Disenangi Konsumen Luar Negeri

Ilustrasi kerajinan dari akar bambu. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pada Januari 2018, Provinsi Bali meraih devisa sebesar US$ 2,945 juta dari ekspor perabot dan penerangan rumah. Meningkat US$ 48.773 atau 1,68 persen dibanding Januari 2017.

Perabot dan penerangan rumah tangga yang dikapalkan ke luar negeri itu berbahan baku bambu dihiasi dengan anyaman rotan, sehingga menjadi unik dan antik seperti kursi, lemari, meja, tempat tidur, dan pembatas ruangan.

"Begitu juga pada Desember 2017, naik sebanyak US$ 2.788 dolar atau 0,09 persen karena pengapalan salah satu hasil kerajinan skala rumah tangga itu menghasilkan US$ 2,942 juta," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho, di Denpasar, Jumat (30/3).

“Yang paling diminati itu patung unik dan antik dari bahan baku akar bambu. Paling banyak diserap oleh pasaran Amerika Serikat, Australia, Spanyol, Jepang, dan China,” ujar Adi.

Baca Lainnya: Begini Pesan Presiden Joko Widodo untuk Peminjam Modal Usaha

Selain itu, juga diserap pasaran Prancis, Emirat Arab, Singapura, Hong Kong, dan Jerman.

“Sisanya, 53,54 persen diserap ke berbagai negara lain di seluruh dunia,” lanjutnya.
Patung dari akar bambu itu banyak diproduksi oleh perajin dan seniman di Kabupaten Bangli dan Gianyar. Biasanya, akar bambu tumbuh berumpun.

“Para perajin yang kreatif mampu mengolah akar tersebut menjadi patung wayang atau binatang yang sangat disenangi masyarakat konsumen di luar negeri,” jelasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: