Momen Mudik Lebaran Dinilai Bisa Tingkatkan Perekonomian Desa

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
07 Juni 2018   12:00

Komentar
Momen Mudik Lebaran Dinilai Bisa Tingkatkan Perekonomian Desa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo (Foto : Foto: Trubus.id/Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Beberapa hari lagi, umat muslim khususnya di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Bagi kebanyakan masyarakat, momentum ini dimanfaatkan untuk mudik pulang ke kampung halaman dan bertemu sanak saudara.

Terkait dengan ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo pun merasa optimistis, jika momen mudik lebaran, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Hal itu dirasa karena akan banyak uang yang mengalir ke desa-desa.

Baca Lainnya: Keberhasilan Dana Desa, Mendapat Apresiasi Berbagai Pihak

"Untuk nominal pastinya saya enggak hitung ya. Tapi yang pasti Bank Indonesia (BI) saja sudah mencetak Rp 4 miliar lagi nih. Positif semua mengalir ke desa desa," ujar Eko kepada awak media di Jakarta, Kamis (7/6).

Tidak hanya itu, momentum lebaran yang tahun ini bersamaan dengan gelaran piala dunia, membuat Eko berencana menggelar nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2018, di semua desa. Dengan nobar, Eko menjamin jika peluang masyarakat desa mencari pendapatan bisa lebih tinggi.

Baca Lainnya: Tingkatkan Perekonomian Desa, Kemendes PDTT Serempak Gelar Nobar Piala Dunia

"Jadi masyarakat sekitar bisa berjualan, dan diharapkan yang nonton akan ajak keluarga, lalu jajan-jajan di sana," imbuhnya.

Mendes menambahkan, dengan adanya dana desa, maka desa telah sangat siap menyambut kedatangan masyarakat kota.  Terlebih lagi, sekarang sudah banyak desa-desa yang mengunggulkan sektor pariwisatanya.

Baca Lainnya: Menteri Desa PDTT Dukung Program Prukades di Kabupaten Demak

Eko menjelaskan, tahun ini menjadi tahun keempat Kemendes PDTT mengemban amanat dari Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014. Dari perjalananannya selama empat tahun terakhir, ia mengklaim desa desa di Tanah Air telah banyak mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

"Untuk Dana Desa tahun 2018 yang telah dialokasikan pemerintah pusat Rp 60 triliun, yang disalurkan kepada desa melalui pemerintah kabupaten," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: