Mendes Eko Putro Sanjoyo: Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Warga

TrubusPreneur
By | Followers
08 April 2018   11:18

Komentar
Mendes Eko Putro Sanjoyo: Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Warga

Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, (Foto : Foto: Karmin Winarta)

Trubus.id -- Pemerintah tahun ini melalui Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengucurkan dana desa sebanyak Rp 60 triliun kepada 74.957 desa.

Salah satu desa yang mendapatkan bantuan Dana Desa adalah Desa Lio, Citarik, Sukabumi.

Di wilayah ini, Dana Desa tahap pertama telah dipakai untuk program-program pemberdayaan masyarakat, diantaranya pengembangan destinasi wisata, membangun embung air dan mengembangkan BUMDes.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, Minggu (8/4) meninjau salah satu pembangunan embung yang sebwlumnya adalah tempat pembuangan sampah.

"Daerah ini sebelumnya kumuh banyak sampah. Dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk gedung dan peralatan serta Dana Desa untuk biaya operasional, tempat sampah yang tadinya  jorok dan bau ini kemudian dibikin embung untuk resapan air, "katanya pada wartawan.

"Untuk menyelesaikan embung ini perlu 110 pekerja yang dibayar Rp80 ribu per Hari yang merupakan bagian dari program Padat Karya Tunai.

Menteri Eko berharap dengan program dana desa yang telah dilakukan pemerintah sejak tahun 2015 mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Melalui Dana Desa Mendes PDTT telah menciptakan empat program ungulan yakni pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun Sarana Olahraga Desa (Raga Desa).

Selama empat tahun ini, pemerintah telah menyalurkan dana desa (DD) sebesar Rp 187 triliun untuk percepatan pembangunan desa.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: