Manisnya Bisnis Kue Bebas Gluten ala Ade Sri

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers
14 Feb 2018   19:15

Komentar
Manisnya Bisnis Kue Bebas Gluten ala Ade Sri

Ade Sri Purwaningsih, founder Goodiebake (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini banyak generasi milenial yang enggan menjadi pekerja. Dengan perkembangan teknologi saat ini, mereka lebih memilih mendirikan start up atau usaha rintisan.
Mayoritas kaum milenial ini memilih membuat start up yang berhubungan dengan digital.

Namun tidak dengan Adesri. Ia memilih menekuni hobinya yakni kuliner, khususnya kue.
Berikut perbincangan Trubus.id dengan Adesri melalui aplikasi berbagi pesan.

Kenapa memilih menjadi entrepreneur bukan kerja kantoran atau jadi selebgram?

Cita-cita awal sih idealis banget, mau buka lapangan pekerjaan untuk orang-orang sekitar rumah. Tapi sebenarnya ya, karena hobi yang menghasilkan aja. Doain terkabul, ya

Kenapa memilih bisnis cake bukan yang lain?

Kue selalu jadi the center of attention dalam acara perayaan apapun. Saya senang makan cake yang krimnya banyak, dan saya suka sekali membuatnya sendiri.

Kenapa memilih kue yang bebas gluten?

Sebenarnya kue yang bebas gluten ga sehat-sehat amat, karena masih mengandung gula, tapi untungnya bukan makanan yang tiap hari dikonsumsi, dan semua produk Goodiebake sebisa mungkin selalu mengurangi kandungan gula dari takaran yang seharusnya. 

Saya pilih Gluten Free, awalnya untuk diferensiasi produk karena merasa diri sulit bersaing di kelas yang sama pada saat itu. Tapi belakangan saya baru tahu kalau saya sendiri selama ini ternyata intoleransi terhadap makanan yang mengandung terigu. Ada beberapa keluhan yang sekarang berangsur hilang semenjak (berusaha) menjalani hidup bebas gluten.

Apa lagi yang membedakan Goodiebake dengan  kue lainnya?

Selain bebas gluten, masih bermain di kue tart yang bisa dikustomisasi terutama untuk ulang tahun anak atau anniversary. Belakangan banyak permintaan untuk kustomisasi beberapa bahan juga karena alasan alergi, jadi sekarang Goodiebake menyediakan beberapa varian vegan (bebas unsur hewani) dan bebas gula, meskipun masih terbatas.

Jenis kuenya mulai dari creampuffs, klappertaart, cookies, roti, donat, cake & cupcakes, juga beberapa bahan mentah keringnya, seperti mie, tepung singkong, premiks roti/donat/pancake. Semuanya bebas gluten.

Bagaimana respon konsumen?

Saya agak takjub juga sih, sejak pindah ke gluten free responnya sangat baik-menyenangkan-menantang, sekaligus unik, karena ternyata banyak customer yang alerginya macam-macam. Selama ini mereka bilang, ngga tahu cari kebutuhan produk mereka kemana. Lalu ketemulah dengan Goodiebake. Alhamdulillah.

Apa saja tantangannya?

Yang menantang adalah, pertama; saya harus terus dan selalu belajar untuk berinovasi, terutama mengkonversi beberapa produk umum menjadi bebas gluten yang selalu tricky. Kedua; sebagian pelanggan lama yang tidak bermasalah dengan terigu masih banyak yang belum mengerti tentang bebas gluten dan kenapa saya harus pindah ke bebas gluten, padahal dengan terigu saja produk saya baik-baik saja (baca: laku).

Ini PR di bagian edukasi, jadi harus menjelaskan dulu, sebelum terima order. Tapi biasanya saya ngga bilang di awal kalau produknya sekarang sudah bebas gluten, mereka ngga bisa bedakan juga, karena memang hampir ngga ada beda di hasil akhirnya hehehe.

Rencana kedepan?

Aku pingin banget punya coffee shop dengan cemilan bebas gluten, entah kapan hihihi. Eh, ini mah bukan rencana, tapi mimpi besar, ya? :)

Kalau ada yang mau pesan bisa kemana?

Bisa cek instagram @goodiebake, disitu ada link ke nomor WhatsApp 0882-1176-4492.

Tips bagi anak muda yang ingin menjadi enterpreneur?

Coba aja dulu, kayak iklan marketplace anu hehehe. Kalau saya, nekat dengan mengukur kemampuan diri, jadi ngga dipaksain juga kalau memang ngga bisa.

Mulai dulu dari yang kecil, dari yang kita sukai supaya menjalaninya tetap dengan hati senang. Kalau belum punya modal, coba jadi reseller dulu, atau kalau kuliner, paruh waktu dulu sambil kerja kantoran. [KW]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: