Koperasi Pasar Santa Wujud dari Kekompakan Pedagang

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 Mar 2018   12:00

Komentar
Koperasi Pasar Santa Wujud dari Kekompakan Pedagang

RAT Koperasi Pasar Santa 2017 (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Salah satu fungsi koperasi adalah menyalurkan dana kredit ke anggota dan masyarakat. Dimana dana ini bisa digunakan untuk kegiatan usaha yang produktif, seperti untuk kegiatan membuka usaha atau memperluas kegiatan usaha.

Keuntungan koperasi untuk mengembangkan usaha juga dilakukan oleh para pedagang Pasar Santa. Pasar Santa menjadi salah satu pasar tradisional yang dikelola secara profesional. 

Hal itu tampak dari kekompakan para pedagangnya yang aktif dalam sebuah wadah Koperasi Pedagang Pasar Santa. Koperasi pedagang ini terbilang cukup aktif, bahkan sepanjang tahun 2017 mampu mengumpulkan dana Sisa Hasil Usaha (SHU) hingga Rp 23.685.800

Baca Lainnya : 200 Koperasi di Kota Kendari Tidak Aktif

Ketua Koperasi Pedagang Pasar Santa, Ifanto Difo mengungkapkan, jumlah anggota koperasi diikuti sebanyak 81 pedangang. 

"Anggota wajib menyerahkan simpanan pokok Rp 250.000. adapaun untuk iuran per minggu Rp 12.000," katanya, Senin (12/3).

Rapat Anggota Tahunan (RAT) pedagang Pasar Santa ke 47 tahun 2017 telah dilaksanakan pada hari Sabtu (10/3), dengan mengumumkan jumlah SHU tahun 2017 serta agenda lainnya.

Baca Lainnya : BSN Dampingi Pelaku UMKM Dapatkan Produk Bersertifikasi SNI

"Tujuan RAT ini sebagai laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2017 serta pemilihan ketua Koperasi Pedagang Pasar Santa tahun 2018-2020," ujarnya.

Kepala Pasar Santa Achmad Subhan mengapresiasi aktifnya koperasi para pedagang di pasar itu. Selain menjadi ajang pertemuan antar-pedagang, keberadaan koperasi kerap kali menguntungkan pedagang itu sendiri.

"Adanya koperasi pedagang ini tentu menjadi sesuatu yang penting. Banyak menguntungkan serta mengedukasi pedagang. Mereka bisa menabung atau meminjam di koperasi itu. Koperasi sebagai bentuk organisasi para pedagang," jelasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Upaya Kemkominfo Dukung UMKM Go Online

Ihsan Maulana   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan:          

Warga Semen Gresik Kembangkan Koperasi Kekinian

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: