Kesiapan UKM Untuk Go-Digital Masih Dirasa Rendah, Alasannya?

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
06 April 2018   16:30

Komentar
Kesiapan UKM Untuk Go-Digital Masih Dirasa Rendah, Alasannya?

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/rawpixel)

Trubus.id -- Kepala UKM Center FEB UI TM Zakir Machmud menjelaskan kesiapan para pelaku UKM untuk go digital dirasa masih rendah. Kesiapan tersebut menurutnya mesti dibarengi dengan perbaikan kualitas produk dan kesiapan dalam memenuhi permintaan pasar yang begitu beragam.

"Karena ketika mereka masuk ke dunia digital itu harus siap ada order setiap hari, dan jumlahnya banyak. Sementara mereka kapasitasnya sedikit atau orang yang mengerti e-mail dan sebagainya tidak ada. Oleh karena itu yang harusnya didorong," paparnya di Jakarta, Kamis (5/4).

Zakir juga membenarkan, saat ini sudah banyak program yang dikeluarkan pemerintah dalam mendorong para UMKM go digital. Untuk itu perlu dilakukan bagaimana menggandeng para UKM supaya mau memanfaatkan teknologi digital.

Baca Lainnya: Gubernur Jawa Timur Terima Penghargaan Koperasi dan UKM

"Kadang-kadang UKM ini sudah bisa membuat ya sudah puas. Jadi, mindset-nya ini yang harus diubah kalau ingin maju. Apa lagi yang mesti diperbaiki? Apakah rasanya, kemasannya, atau pengirimannya? Nah, itu kadang-kadang masih sedikit yang punya ke arah sana," katanya. 

Sementara dalam kualitas produk, Zakir menjelaskan jika UKM Indonesia sudah layak bersaing dengan produk-produk impor yang terlihat mendominasi pasar Indonesia, terutama lewat e-commerce. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: