Jelang Lebaran, Masyarakat Tebus Barang di Pegadaian

TrubusPreneur
By | Followers
13 Juni 2018   21:00

Komentar
Jelang Lebaran, Masyarakat Tebus Barang di Pegadaian

Ilustrasi. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Hingga minggu terakhir Ramadan, PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) I Medan mencatat jika terjadi kenaikan total nilai tebusan gadai sebesar 30 persen yang telah dilakukan masyarakat. Rata-rata, masyarakat yang melakukan tebusan itu telah menggadaikan emas miliknya.

“Memang, menjelang Lebaran, seperti sudah tradisi bagi masyarakat di Indonesia, tak hanya di Medan, selalu ingin tampil cantik. Salah satu caranya dengan mengenakan emas," kata Hakim Setiawan, Pimpinan PT Pegadaian Kanwil I Medan, Rabu (13/6).

Tidak heran jika di minggu terakhir Ramadan, masyarakat yang melakukan tebusan barang gadainya semakin banyak. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan minggu sebelumnya.

Hakim Setiawan, Pimpinan PT Pegadaian Kanwil I Medan (Foto: Kontributor Trubus.id/ Reza Perdana).

“Di awal Ramadan, minggu pertama hingga minggu ketiga, grow Pegadaian tinggi karena ada banyak masyarakat yang melakukan gadai,” jelasnya.

Hingga saat ini, nilai tebusan yang telah dilakukan masyarakat di Pegadaian Kanwil I Medan mencapai Rp60 miliar.

“Kondisi akan kembali normal seminggu setelah Lebaran. Tingkat masyarakat yang melakukan gadai seperti gadai emas akan kembali seperti biasa,” terangnya.

Per 31 Mei 2018, outstanding loan Pegadaian Kanwil I Medan tumbuh sekitar 10,8 persen dibandingkan tanggal 31 Desember 2017.

Baca Lainnya: Program Terbaru Pegadaian Tawarkan Banyak Keuntungan

“Pertumbuhan tersebut merupakan pertumbuhan terbesar keempat dari 12 kantor wilayah Pegadaian yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, ada pertambahan delta pertambahan outstanding loan selama 5 bulan di kisaran Rp350 miliar. Meliputi semua produk, seperti yaitu gadai, konvensional syariah, mikro, dan pembiayaan kendaraan bermotor amanah.

Outstanding loan berbeda dengan omzet, yaitu selisih antara omzet dengan angsuran atau tebusan. Itu karena, outstanding loan itulah yang menghasilkan buat pegadaian. Kalau diomzetkan, kurang lebih empat kalinya,” tuturnya. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Koperasi Solusi Pemerataan Perekonomian Nasional

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan: