Ilustrasi produk IKM fashion(Foto: Istimewa)

IKM Batik Lokal Pamerkan Produk Fashion di Jepang

Trubus.id -- Guna mengembangkan produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang fashion, Kementerian Perindustrian memfasilitasi delapan IKM memerkan produk fashionnya di Indonesia Kain Party 2018 di Museum Aksesori Meguro dan Flagship Store Tokyo, Jepang, periode April sampai Juli 2018.

Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih dalam siaran persnya mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu momen peringatan 60 tahun diplomatik Indonesia-Jepang.

“Kegiatan ini pemerintah RI mempromosikan desainer dan IKM lokal untuk menampilkan produk-produk unggulannya meliputi kain tradisional, pakaian adat, hingga produk fashion modern,” ucapnya berdasarkan siaran pers di Jakarta, Senin (16/4).

Baca Lainnya: Hasil Pemberdayaan, Ibu-ibu di Jember Ciptakan Batik Jenis Baru

IKM produk fashion lokal akan berpartisipasi dalam pameran tersebut yang akan memamerken produk-produk dari Wignyo Rahadi yang menampilkan tenun anyaman bintik, salur bintik dan benang putus dalam rupa kain, sarung, dan selendang.

Kemudian Batik Boroko, yang menghasilkan kain batik etnik menggunakan teknik pewarnaan alami. Kain-kain dengan ikon ikan khas Yuku Moko, Batik Boroko telah banyak mengikuti pameran seperti Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, dan Inacraft.

Sementara itu, Batik Pohon atau kain batik dengan teknik pewarnaan secara alami dengan menggunakan pewarna dari daun juga akan dipamerkan. Kemudian ada GLAM yang memarkan produk tas kulit dengan hiasan batik dan tenun, serta Dyah Kuncoro Kumalasari yang memamerkan batik lukis kontemporer Dyah Kuncoro Handmade.

Baca Lainnya: Pameran IFW Menjadi Andalan Pedagang Batik Raih Omzet Besar

Lebih lanjut Gati menuturkan tahun ini Indonesia Kain Party mengusung tema fashion Indonesia dari yang tradisional hingga modern dan berharap partisipasi IKM dalam pameran agar semakin mengenalkan produk Indonesia di Jepang. [NN]

 



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

9%

Bahagia

9%

Terinspirasi

9%

Bangga

18%

Sedih

18%

Kaget

18%

Takut

9%

Marah

9%

LEAVE A COMMENT