Hebat, Koperasi Peternak Sapi Jogja Ikuti Lomba Koperasi Nasional

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
17 Mei 2018   13:00

Komentar
Hebat, Koperasi Peternak Sapi Jogja Ikuti Lomba Koperasi Nasional

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/Zaimful)

Trubus.id -- Ada yang istimewa dari sebuah Koperasi Peternak Sapi Perah dan Susu Sapi, bernama "Sarono Makmur" di Kecamatan Cangkringan, Sleman mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Mereka berhasil mewakili Yogyakarta pada lomba koperasi tingkat nasional.

"Benar, koperasi peternakan 'Sarono Makmur' ini diusulkan Dinas Koperasi UMKM DIY untuk mewakili Jogja di tingkat nasional untuk jenis koperasi produsen," ujar Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, Endah Sri Widiastuti, Kamis (17/5).

Ia menuturkan, koperasi peternakan Sarono Makmur adalah koperasi yang memproduksi susu segar dari peternakan sapi yang dikelola oleh anggota koperasi. Susu segar kemudian diolah jadi susu pasteurisasi dan yogurt dengan merk 'Hadi'. Pemasarannya juga telah mencakup seluruh Kabupaten Sleman dan beberapa pabrik pengolahan susu di Jawa Timur.

Baca Lainnya: 65 Pelaku IKM di Sumut Peroleh Bantuan Alat Produksi

Tim penilai juga meninjau langsung ke tempat pengolahan susu, pengolahan pakan ternak serta kandang sapi milik koperasi Sarono Makmur ini.

"Tim penilai Koperasi Berprestasi tingkat nasional ini dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, yang didampingi tim dari Dinas Koperasi UMKM DIY serta tim dari Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman," imbuhnya.

Kementerian Koperasi dan UKM rencananya akan memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi di Indonesia, jelang peringatan Hari Koperasi Nasional ke 71 pada 12 Juli 2018 nanti.

Baca Lainnya: Produk Perkakas Asal Amerika Dukung Sektor IKM Luncurkan Program Cicilan

"Tim Penilai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional dari Kementerian Koperasi akan menyeleksi dan menilai koperasi-koperasi berprestasi di Indonesia, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas kinerja koperasi dalam periode tertentu," tandasnya.

Sementara tahun ini, menjelang pelaksanaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 Tahun 2018, kegiatan penilaian koperasi dan koperasi award akan kembali digelar.

"Penjaringan koperasi terbaik akan dilakukan dengan standar kriteria dan penilaian yang meliputi organisasi, ketatalaksanaan, produktivitas, manfaat, serta dampak keberadaan koperasi dalam suatu wilayah," tutupnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: