Haryanto, peterna ayam negeri(Foto: Istimewa)

Haryanto, Hasilkan Ratusan Juta dari Ternak Ayam

Trubus.id --  Usianya masih muda, namun laki-laki yang tinggal di Jl Raya Timur Gg Beton Binuang Tapin, Kalimantan Selatan ini telah menuai sukses bisnisnya.

Sejak 2016 ia memutuskan menjadi peternak ayam negeri. Alasannya, prospek bisnis ayam negeri ke depan masih cerah di wilayahnya. Selain itu pasar ayam negeri sangat luas. 

Alumni dari Universitas Lambung Mangkurat ini sengaja memilih menjalankan bisnisnya sendiri, tidak mau menjadi karyawan yang bisa membatasi kreativitasnya. 

Baca Lainnya: Dengan Hidroponik, Sekarang Faris Sukses Jadi Petani Kekinian

Saat ini ia mempunyai lahan untuk peternakan dengan kapasitas 5000 sampai 10 ribu ekor ayam. Selama menjadi peternak ayam, ia nyaris tak ada kendala yang berarti. 

Namun satu hal yang ia harus hadapi adalah saat musim kemarau. Karena saat itu air habis karena itu ia harus memanfaatkan 3 buah sumur.

Awalnya ia perlu modal 150 sampai 250 juta jika belum mempunyai lahan. Awalnya ia memelihara ayam sebanyak 5000 ekor, dan mulai awal tahun ini ia meningkatkan menjadi 10 ribu ekor.

Menurutnya untuk memelihara 5000 ekor ayamnya, luas lahan yang diperlukan minimal lebar 20 meter dan panjangnya 100 meter.

Ia beruntung karena ayam-ayamnya telah dipesan di sebuah perusahaan, sehingga ia tak perlu memasarkannya lagi.

Agar ayam-ayamnya sehat sampai panen, Haryanto selalu menjaga kebersihan kandangnya. Selain itu ia disiplin memberi minum yang disertai vitamin . 

Inspiratif bukan?



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

21%

Bahagia

16%

Terinspirasi

11%

Bangga

0%

Sedih

11%

Kaget

11%

Takut

16%

Marah

16%

LEAVE A COMMENT