Bambang Ismawan, pendiri Bina Swadaya(Foto: Trubus.Id/ Wilona Octora)

Harapan Bambang Ismawan di Ulang Tahun Bina Swadaya ke-50

Bambang Ismawan yang dikenal sebagai tokoh wirausaha sosial (sociopreneur) adalah pendiri Yayasan Bina Swadaya. Ia mendirikan Bina Swadaya sejak 24 Mei 1967 karena terinspirasi oleh seorang pastur Belanda, Pater Dijkstra, yang keluar masuk desa di Yogyakarta.

Kala itu, Bambang Ismawan yang menjabat sebagai Ketua Ikatan Petani Pancasila terkesima oleh Pater yang berkontribusi mengembangkan desa di Yogyakarta. Padahal, pastur tersebut bukanlah warga negara Indonesia.Karena itu, Bambang berniat mengembangkan masyarakat desa melalui Bina Swadaya, yayasan yang bergerak di bidang sosial.

Dalam perjalanannya selama 50 tahun ini, Bina Swadaya menghadapi berbagai rintangan demi memajukan masyarakat desa. Menurut Bambang, masyarakat desa adalah akar dari kekuatan Negara Indonesia. "Maka dari itu, Bina Swadaya berfungsi untuk memperkuat akar dan pondasi tersebut," kata Bambang, ditemui di rumahnya yang asri di kawasan Cimanggis, Depok.

Ke depannya, Bina Swadaya akan lebih fokus pada gerakan-gerakan yang mengutamakan pembangunan sosial masyarakat desa. "Dalam hal ini, Bina Swadaya menggunakan dua prinsip, yaitu rekognisi dan subsidialitas. Karena itu, Bina Swadaya dapat menjadi kontributor utama dalam menyehatkan akar (masyarakat desa) sebagai pondasi kuat bumi pertiwi," paparnya,

Di perayaan ulang tahun ke-50 ini, Bina Swadaya juga me-launching terobosan terbaru di bidang digital media, yaitu situs Trubus.id. Bambang Ismawan pun menyatakan harapannya untuk Trubus.id. "Semoga Trubus.id dapat memberikan informasi ke seluruh dunia sekaligus mengajak masyarakat ikut bekontribusi terhadap gerakan-gerakan yang tujuannya memajukan Indonesia". [WO/DF]




Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

12%

Bahagia

23%

Terinspirasi

23%

Bangga

21%

Sedih

5%

Kaget

5%

Takut

5%

Marah

5%

LEAVE A COMMENT