Fauzan, Sukses Beternak Landak dari Belakang Rumah

TrubusPreneur
By Karmin Winarta | Followers
02 April 2018   07:38

Komentar
Fauzan, Sukses Beternak Landak dari Belakang Rumah

Mohammad Fauzan Mansor, peternak landak (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Mencari peluang bisnis perlu kejelian. Kadang perlu waktu dan pikiran untuk mengetahui bisnis apa yang berpeluang untung besar dan kompetitornya masih sedikit. Sampai hari ini masih banyak yang tidak mengetahui, beternak landak ternyata lebih menguntungkan daripada ternak kambing atau yang lain. 

Trubus Mania pasti bertanya-tanya, bagaimana cara perawatan dan pemasarannya? 

Salah satu kisah sukses peternak landak berasal dari di Kampung Tanggol, Hulu Terengganu, Terengganu, Malaysia. Namanya Mohammad Fauzan Mansor.  Pria berusia 35 tahun ini mengawali usahanya tiga tahun lalu. 

Awalnya ia hanya memanfaarkan lahan belakang rumah ayahnya.  Di tempat itu ia memelihara tujuh ekor landak yang ia beli dengan harga sekitar 13,3 juta rupiah.

Saat ini landak Fauzan telah berkembang menjadi 66 ekor di kandangnya.  Lalu pada 2016 lalu ia mendapatkan hibah 20 ekor dari temannya yang tidak mau meneruskan usaha peternakannya.

Menurutnya beternk landak (Hystrix brachyura) memang membutuhkam modal yang cukup besar. Selain itu perlu lebih sabar menunggu hasilnya. Ini berbeda dengan ternak sapi atau kamping yang lebih cepat memberikan hasil.

Namun di balik itu, permintaan landak sebagai konsumsi atau sebagai pet sangat tinggi di Malaysia.

Fauzan telah menerima banyak permintaan dari beebagai restoran yang tersebar di wilayah itu. Harga daging landak saat ini bisa mencapai 400 ribu sampai 500 ribu.

Landak adalah salah satu hidangan yang dianggap paling eksotis dan beberapa orang percaya mengonsumsi daging landak bisa mengobati sakit tertentu.

Karena permintaan pasar yang tinggi ini, Fauzan yakin bisnisnya akan berkembang. Dia menargetkan dalam waktu dua tahun ia akan mampu memelihara 200 ekor landak dan siap memasok ke restoran-restoran.

Menurutnya, usia landak yang ideal untuk dijual minimal 8 bulan. Pada usia tersebut, berat landak mencapai 15-20 kilogram. 

Menarik kan?

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: