Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9)(Foto: Dok FMB9)

Ekonomi Digital, Bukan Genre Baru, Tapi Cara Baru Melakukan Kegiatan Ekonomi

Trubus.id -- Persaingan di era revolusi industri 4.0 termasuk di dalamnya persaingan ekonomi digital. Ekonomi digital sebenarnya bukan genre baru di sektor ekonomi, tapi cara baru melakukan kegiatan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Aplikasi, Teknologi, dan Informatika Samuel Pangerapan dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) dengan tema "Indonesia Siap Menuju Revolusi 4.0".

“Saat ini sedikitnya tujuh sampai 10 persen produk lokal sudah mampu bersaing di era digital, padahal Kemenkominfo menargetkan, 2020 transaksi digital mencapai Rp 1.800 triliun. Jadi target transaksi e-commerce kami di 2020, karena harus perbanyak barang yang layak dijual online,” kata Samuel di Kantor Kemenkominfo di Jakarta, Senin (16/04).

Lebih jauh, Samuel juga mengingatkan adanya tantangan lain bagi otoritas negeri ini, terkait revolusi industry 4.0.

Baca Lainnya: Agar Go Online, Kemenkop UKM Gandeng Perusahaan Transportasi Online

Lebih lanjut ia mengatakan bagaimana bisa menyerap bonus demografi, yakni, menyerap sebanyak 130 juta tenaga kerja.

“Itulah antara lain tantangan yang harus bisa dijawab menghadapi revolusi industri,” paparnya.

Pengembangan produk Indonesia dilakukan secara bertahap agar terus berkembang sehingga menjadi produk ekspor yang berkualitas dan berdaya saing.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Leonard Tampubolon mengatakan industri 4.0 menjadi sebuah peluang yang signifikan untuk Indonesia.

Baca Lainnya: PPLIPI Sinergi Dengan Kemenkop UKM Dukung Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro

Industri pengolahan, lanjut Leonard, menjadi salah satu yang memiliki peluang terbesar dari yang lain. Bahkan, diprediksi Indonesia akan memiliki 25 persen pasar e-commerce di Asia Tenggara.

“Peran pemerintah adalah menyiapkan regulasi dan infrastruktur yang dibutuhkan,” ungkapnya. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

12%

Bahagia

18%

Terinspirasi

12%

Bangga

12%

Sedih

18%

Kaget

6%

Takut

12%

Marah

12%

LEAVE A COMMENT