Di Tangan Wanita Lamongan Ini, Kopi Disulap Jadi Kerupuk

TrubusPreneur
By | Followers
03 Okt 2017   11:33

Komentar
Di Tangan Wanita Lamongan Ini, Kopi Disulap Jadi Kerupuk

Kerupuk kopi hasil inovasi Sri Wahyuni dinimati oleh masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Selama ini kopi hanya dikenal sebagai minuman saja. Tapi, di tangan Sri Wahyuni dapat diolah menjadi makanan ringan yang sangat lezat, yaitu kerupuk.

Wanita yang tinggal di Desa Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur ini menceritakan, ide membuat kerupuk dari bahan kopi berawal dari permintaan pasar akan produk kerupuk berbahan biji-bijian. Dirinya lalu membuat inovasi terhadap biji kopi untuk diubah menjadi kerupuk yang bernilai eknomi tinggi.

"Ide membuat kerupuk kopi karena di sini belum ada yang bikin. Apalagi permintaan kafe-kafe, butuh ada angkringannya sebagai peneman ngopi," katanya, Senin (2/10/2017).

Sri Wahyuni mengaku, untuk mengolah biji kopi menjadi kerupuk tidak rumit. Katanya, membuat kerupuk dari kopi tidak ada bedanya dengan membuat kerupuk pada umumnya.

"Pembuatannya dengan bahan tepung tapioka, bubuk kopi, tepung kentang dan bumbu lainnya. Semuanya, bumbu dimasukkan, digiling, diuleni sampai kalis, kemudian dikukus, didiamkan semalam diiris, dijemur baru digoreng," jelasnya.

Sri Wahyuni, inovator kerupuk kopi. (Foto: Istimewa)

Namun, agar lebih terasa rasa kopinya, sambung Yuni, disesuaikan dengan permintaan pasar. Sebab, masing-masing pemesan memiliki selera yang berbeda-beda.

"Ada tiga pulau di Indonesia yang kita kirim, yaitu Maluku, Palangkaraya dan Padang. Setiap pulau rasanya tidak sama, sesuai permintaan. Ada yang minta rasa pahit, ya kita tambah kopinya lebih banyak," tuturnya.

Mengambil momen Hari Kopi se-Dunia pada 1 Oktober 2017, produk kerupuk kopi di-launching di berbagai ritel modern. Saat ditanya harga, Sri Wahyuni menyebutkan per 200 gram seharga Rp 15.000.

"Bulan Oktober kami akan masuk ke retail Jawa Timur dan beberapa cafe di Surabaya," ungkapnya.

Bahkan, katanya dengan nada bangga, kerupuk kopi ini akan dipamerkan di Malaysia pada November 2017 mendatang. "Kita sudah packing untuk dibawa ke Malaysia. Permintaan di sana sudah banyak. Kebetulan yang minta pemilik kafe," tuturnya.

Sekedar informasi, berkat inovasinya membuat kerupuk kopi, Sri Wahyuni mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. [AS]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Upaya Kemkominfo Dukung UMKM Go Online

Ihsan Maulana   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan:          

Warga Semen Gresik Kembangkan Koperasi Kekinian

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: