Dana Desa Bantu Atasi Masalah Kemiskinan di Indonesia

TrubusPreneur
By Astri Sofyanti | Followers 1
04 Mei 2018   13:30

Komentar
Dana Desa Bantu Atasi Masalah Kemiskinan di Indonesia

Aries Mufti (Foto : Foto: Trubus.id/Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Pemerintah melalui Kementerian Desa mempunyai program Dana Desa dalam mengatasi masalah kesenjangan dan kemiskinan di desa. Sampai saat ini program Dana Desa tersebut masih dilakukan ke hampir seluruh desa yang ada di Indonesia.

Menurut Pakar Keuangan Mikro Syariah, DR. Aries Mufti, berkat Dana Desa yang digelontorkan kini masyarakat desa bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan berbagai bidang usaha mulai dari pertanian sampai kerajinan tangan.

Baca Lainnya: Mendes PDTT: Dana Desa 'Ampuh' Mengentaskan Kemiskinan di Indonesia

“Jika kita sama-sama membangun masyarakat desa dengan memiliki semangat pantang menyerah, malu jadi benalu, dan bergotong royong desa, maka tidak ada yang tidak bisa dilakukan,” ucapnya kepada Trubus.id di Wisma Hijau, Depok, Jumat (4/5).

Lebih lanjut, Aries menerangkan jika saat ini jumlah desa yang ada di Indonesia ada sekitar 75 ribu desa yang masing-masing desa memiliki persoalan serupa yakni masalah kemiskinan.

Baca Lainnya: Dana Desa Inspirasi Dunia, Atasi Kemiskinan di Pedesaan

“Desa Emas saat ini sedang membantu 500 desa yang ada di Indonesia seperti di Papua, Lombok, Bali, Jawa, Sumatera, dan Kalimantan,” ungkapnya.

Leih lanjut Aries mengatakan, jika pihaknya fokus di beberapa sektor seperti agro, wisata, dan kreatif, fokus tersebut dilakukan karena menurutnya kemampuan beberapa sektor tersebut berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa-desa yang mayoritasnya berprofesi sebagai petani dengan tingkat pendidikan yang masih rendah. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: