Dalam 10 Tahun Dana Desa Buka Lapangan Kerja Hingga 100 Juta Angkatan Kerja di Desa

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
11 April 2018   21:45

Komentar
Dalam 10 Tahun Dana Desa Buka Lapangan Kerja Hingga 100 Juta Angkatan Kerja di Desa

Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo (Foto : Foto : Trubus.id/Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Program dana desa diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terutama pada terbukanya peluang kerja bagi masyarakat desa. Disinyalir peningkatan hingga mencapai angka 100 juta angkatan kerja.

Angka hingga 100 juta tersebut dapat diperoleh dalam kurun waktu 10 tahun, seperti diutarakan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo.

Capaian hingga 100 juta angkatan kerja itu baru berdasarkan satu dari empat program dana desa, yakni pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

Baca Lainnya: Gubernur Sumbar Tawarkan Potensi ke Jepang

“Indonesia bisa mendapat 100 juta angkatan kerja di desa dalam 10 tahun dengan pendapatan kira-kira Rp2 juta per bulan, tetapi jikalau itu  berhasil," ujar Menteri Eko, dalam keterangan persnya, Rabu (11/4).

"Maka dalam lima tahun, ini (Prukades) bisa jadi program nasional. Kita bisa menciptakan daya beli.” lanjutnya.

Menteri Eko menjelaskan, Prukades memang bertujuan untuk mengelompokkan perekonomian di desa-desa. “Prukades ini memberi insentif supaya desa fokus mengembangkan produk unggulannya,” katanya.

Namun, masih ada beberapa kendala seperti akses pasar yang masih menjadi persoalan bagi produk masyarakat desa. Akses pasar sangat dibutuhkan untuk menjual produk desa, jika tidak ada akses pasar harga bisa jatuh di bawah harga produksi.

Baca Lainnya: 180 Ribu Rumah Tak Layak Huni Akan Diperbaiki Kemen PUPR Tahun Ini

Guna mengantisipasi hal tersebut, pemerintah memberi insentif kepada para Bupati untuk fokus di komoditi tertentu. Hingga saat ini, pemerintah membantu dengan pemberian bibit, traktor, jembatan, dan apapun yang dibutuhkan secara gratis.

Sebab, salah satu tujuan dana desa adalah menyerap lapangan pekerjaan di desa melalui sistem ekonomi kerakyatan. Untuk itulah pemerintah terus mendukung program dana desa.

Seperti diketahui bersama, dalam empat tahun ini pemerintah telah menyalurkan dana desa (DD) sebesar Rp 187 triliun. Tujuannya untuk percepatan pembangunan desa. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: