Dahsyat, Program Dana Desa Kemendes Catatkan Rekor MURI

TrubusPreneur
By | Followers
30 Mei 2018   13:30

Komentar
Dahsyat, Program Dana Desa Kemendes Catatkan Rekor MURI

Menteri Desa beri paket sembako murah kepada warga di Majalengka (Foto : Dok Kemendes PDTT)

Trubus.id -- Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Sandjojo mengungkapkan, manfaat dana desa yang telah berhasil membangun infrastruktur tiga tahun ini telah mencatatkan rekor MURI. 

"Desa mampu membangun lebih dari yang pernah desa bangun selama 70 tahun desa merdeka. Ini membuktikan kalau selama ini Kepala Desa (dikatakan) tidak mampu, kalau dikasih kesempatan mereka bukan saja mampu, tapi mampu menciptakan rekor MURI, "kata Eko saat meninjau pasar murah di Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (30/5). 

Menurutnya, penggunaan dana desa di Majalengka tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja namun juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat ekonomi warga. 

Baca Lainnya: Mendes Eko Putro Sanjoyo: Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Warga

Kemendes PDTT menganggarkan sebesar Rp 187 triliun selama 4 tahun guna membangkitkan perekonomian pedesaan. Jumlah tersebut dimulai sejak 2015 sebesar Rp 20 triliun, 2016 sebesar Rp 47 triliun, dan untuk tahun 2017 dan 2018 sebesar Rp 60 triliun.

"Insyaallah tahun depan akan dinaikan lagi mulai Rp 73 triliun hingga Rp 80 triliun rupiah," kata Eko. 

Pada kesempatan yang sama Mendes juga mengatakan dana desa juga bisa dicairkan sebanyak tiga kali dalam setahun dengan tersedianya dana talangan. 

"Selama ini dana desa baru bisa dicairkan bulan April. Nah, selama Januari sampai April Presiden minta dibuatkan tiga kali, dibuatkan talangan 20 persen dari yang 60 persen asal ada kebijakan dari Bupati masing-masing," jelas Eko.

Baca Lainnya: Ini Kata Mendes Soal Perkembangan Dana Desa Selama Ini

Sementara itu, pasar murah yang digelar hasil kerja sama dengan BRI  tersebut menyediakan sembako senilai Rp 100,000 yang dijual hanya Rp 50,000 untuk membantu warga memenuhi kebutuhan pokok. Pasar murah ini  merupakan rangkaian  kunjungan Mendes dalam rangka Jelajah Desa Ramadan 2018. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: