Suasana Seminar Internal Naskah Buku Restorasi Desa di Wisma Hijau Depok, Selasa (13/2)(Foto: Trubus.id/Karmin Winata)

Bina Swadaya Akan Rumuskan Gerakan Restorasi Desa Dalam Sebuah Buku

Trubus.id -- Gerakan Restorasi Desa yang digawangi oleh Pendiri Bina Swadaya Bambang Ismawan ini akan diluncurkan dalam bentuk sebuah buku.

Naskah Restorasi Desa yang di tulis oleh Pendiri Bina Swadaya, Bambang Ismawan ini ternyata juga berkontribusi dengan sejumlah rekan-rekan dari Keluarga Besar Bina Swadaya.

Gerakan Restorasi Desa merupakan salah satu perjalanan panjang Bina Swadaya dan muncul Undang-Undang Desa yang kemudian menjadi fokus kerja Bina Swadaya, bahkan program tersebut semakin nyata dilakukan dengan melakukan diskusi perumusan yang dilakukan sebanyak tujuh kali untuk menyusun program Gerakan Restorasi Desa berjalan sukses hingga saat ini.

Baca Lainnya : 90 Desa Miskin di Kupang NTT Dapat Prioritas Dana Desa

“Pertengahan tahun ini akhirnya disepakati oleh teman teman untuk menjadikan buku,” ucap Bambang Ismawan Pendiri Bina Sawada dalam Seminar Internal Naskah Buku Restorasi Desa di Wisma Hijau Depok, Selasa (13/2).

Jika dilihat, Gerakan Restorasi Desa ini tak lain bertujuan untuk membangun desa-desa yang mandiri dan bersinergi untuk Indonesia. Bambang juga mengatakan banyak pihak menginginkan jika buku Gerakan Restorasi Desa dapat di terbitkan sejak ulang tahun Bina Swadaya tahun lalu.

Baca Lainnya : Dana Desa Bisa Digunakan Untuk Pengembangan Potensi Pariwisata

Tapi Bambang menginginkan bahwa ia tak ingin dalam penggarapan buku Gerakan Restorasi Desa dilakukan secara Tergesa-gesa. Gerakan Restorasi Desa bertujuan untuk mewujudkan gerakan keberdayaan masyarakat desa berkelanjutan dan mandiri.

“Marginalisasi desa terjadi karena sumber daya manusia (SDM) telah termarginalisasi dari zaman ke zaman,” ungkap Bisma biasa ia disapa.

Untuk itu, Bina Swadaya hadir untuk menciptakan SDM yang berkualitas di desa-desa dengan cara memberikan pendampingan khususnya bagi para petani. Bina Swadaya sudah berjalan begitu panjang dan Bina Swadaya ingin membuat desa-desa yang ada di Indonesia menjadi maju dan mandiri dengan mumbuhkan kecerdasan bagi warganya.

“Sehingga mereka dapat membangun kesejahteraannya sendiri,” ungkapnya. [NN]



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

6%

Bahagia

6%

Terinspirasi

25%

Bangga

19%

Sedih

6%

Kaget

19%

Takut

13%

Marah

6%

LEAVE A COMMENT