Batik dan Tenun Gedog Tuban Diminta Makin Dikembangkan

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
03 Mei 2018   17:30

Komentar
Batik dan Tenun Gedog Tuban Diminta Makin Dikembangkan

Mufidah Jusuf Kalla (Foto : Foto: Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla berharap, kerajinan batik dan tenun gedog di Tuban, Jawa Timur, supaya lebih dikembangkan. Hal ini dikarenakan kerajinan daerah tersebut memiliki berbagai keunggulan yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat setempat.

"Jadi Dekranas memandang sangat penting untuk melakukan pembinaan dan pengembangan Tenun Gedog Tuban, mengingat keunggulan-keunggulannya dalam penggunaan bahan baku lokal seperti kapas, bahan pewarna alam, dan kekhasan motifnya," ujar Mufidah dalam kunjungan kerja ke Tuban, Kamis (3/5).

Baca Lainnya: Pengrajin Batik Tuban Makin Bebas Berkreasi Berkat Hak Cipta

Mufidah juga menyayangkan, jika pemanfaatan produk tenun gedog Tuban sebagian besar masih terbatas pada bahan dekorasi interior saja. Maka dari itu, pembinaan teknis telah dilakukan Dekranas untuk meningkatkan dan memperluas penggunaannya hingga dapat menjadi produk fashion.

"Kali ini akan dilaksanakan beberapa pelatihan khusus tentang manajemen, termasuk permodalan dan pemasarannya," imbuhnya.

"Harapan saya, semoga Dekranas dan Dekranasda makin berperan untuk kemajuan bangsa melalui pengembangan dan pembinaan produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat yang membanggakan," sambungnya.

Baca Lainnya: Dekranasda Ajak UKM Jatim Belajar Batik di Solo dan Jogja

Mufidah menyatakan, industri kerajinan atau kriya merupakan bagian ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat dan sangat bervariasi, baik dari skala mikro sampai skala menengah.

Selain itu, produk kerajinan secara historis sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia. Oleh karenanya produk kerajinan bisa menjadi mata pencarian utama masyarakat, dengan pemanfaatan bahan baku lokal. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: