Bantuan Modal Usaha Untuk Wirausaha Pemula Harus Tepat Sasaran

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
15 Juni 2018   20:00

Komentar
Bantuan Modal Usaha Untuk Wirausaha Pemula Harus Tepat Sasaran

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Rencana pemerintah memberikan modal usaha kepada wirausaha pemula (WP) harus dilakukan dengan tepat sasaran agar sesuai tujuannya. Hal tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi James Adam di Kupang, Kamis (14/6).

“Program pemerintah ini tentu baik, tetapi harus selektif dalam menentukan calon penerima. Kalau tidak selektif akan membias dan dana yang dikucurkan menjadi tidak tepat sasaran,” ujarnya dikutip dari Antara.

Menurut mantan Dekan Ekonomi Universitas Artha Wacana Kupang tersebut memperkirakan, bantuan modal itu akan cukup sulit menciptakan usahawan baru di daerah karena dinilai terlalu kecil untuk membangun usaha. 

Baca Lainnya: RUU Kewirausahaan Nasional Direncanakan Selesai pada Juli 2018

James Adam mengatakan, bantuan modal tersebut hanya cocok untuk usaha pemula sektor informal seperti pedagang sayur, ikan, daging di pasar-pasar atau usaha sampingan.

James yang juga menjadi anggota International Fund for Agricultural Development (IFAD) menjelaskan, bantuan modal ini bisa menciptakan usahawan baru, asalkan ada metode pembinaan dan kontrol yang jelas dari pemerintah.

“Jadi, besaran bantuan tersebut kalau peruntukannya untuk usaha pemula sektor informal seperti pedagang sayur, ikan, daging bisa saja menciptakan usaha baru. Hanya saja harus ada metode pembinaan dan kontrol yang jelas,” ujarnya.

Baca Lainnya: Pemerintah Gelontorkan Modal Usaha Untuk Wirausaha di NTT

Namun, kalau bantuan itu untuk membangun usaha sektor formal, akan sulit dengan modal tesebut.

Pemerintah pusat pada 2018 sendiri telah memberikan bantuan modal untuk 400 wirausaha pemula untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tersebar di 21 kabupaten/kota.

Dalam program prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla ini, dana bantuan untuk modal usaha itu besarannya bervariasi antara Rp10-13 juta per wirausaha pemula.

Wirausaha pemula (WP) yang menjadi penerima bantuan adalah mereka yang belum pernah menerima bantuan dana sejenis dari Kemenkop dan UKM. Kemudian, usia WP maksimal 45 tahun, dan pendidikan paling rendah SMP.

Baca Lainnya: Menurut Menaker, Ini Syarat Mutlak Calon Wirausaha Jika Ingin Sukses

Syarat WP lainnya yaitu memiliki KTP, NIK, atau surat keterangan domisili yang masih berlaku, hingga izin usaha mikro dan kecil.

Setelah WP menerima bantuan permodalan, langkah selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) secara berjenjang. Hal ini dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk pemda setempat. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: