Akuaponik Pekarangan(Foto: Istimewa)

Akuaponik, Bertanam sekaligus Beternak di Lahan Sempit

Trubus.id --  Sistem pertanian secara konvensional hanya bisa dilakukan di lahan-lahan luas di luar kota. Bagi mereka yang tinggal di kota besar yang hobi bertanam, tentu akan kesulitan jika harus bertanam secara konvensional.

Namun sekarang ada banyak cara untuk bertanam di lahan sempit, misalnya hidroponik dan akuaponik. Akuaponik memungkinkan kita untuk bercocok tanam tanpa tanah sekaligus budidaya lele.

Uniknya sistem akuaponik ini bisa dilakukan secara indoor atau di dalam rumah. Unik kan?

Baca Lainnya: Tips Tingkatkan Hasil Panen Cabai Sampai 250 Persen

Bagaiana cara bertanam dengan sistem Akuaponik? Jimmy Halim, yang telah lama menekuni sistem pertanian ini berbagi pengalamannya bagaimana bertanam secara akuaponik.

Buku yang diterbitkan Penebar Swadaya ini membagi bahasan akuaponik menjadi tujuh bahasan. Mulai dari pengenalan apa itu akuaponik, ragam model akuaponik untuk pekarangan, tanaman dan jenis ikan yang cocok untuk akuaponik dan cara merakit sendiri unit akuaponik.

Selain itu, dalam buku setebal 84 halaman ini, Jimmy juga memberikan cara lebih detail mengenai perawatan dan pemeliharaan tanaman dan ikan sampai panen.

Buku Akuaponik Pekarangan ini adalah buku keduanya. Sebelumnya Jimmy juga telah menerbitkan buku dengan judul "6 Teknik Hidroponik".

Trubus Mania ingin mencoba bertanam secara akuaponik, selengkapnya bisa dibaca bukunya. [KW]

 

 

 

 



Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Senang

23%

Bahagia

8%

Terinspirasi

8%

Bangga

8%

Sedih

23%

Kaget

8%

Takut

15%

Marah

8%

LEAVE A COMMENT