36 Tahun Beroperasi, Koperasi Bahtera Layani Lebih dari 6 Ribuan Anggota di Ende

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 Mar 2018   13:00

Komentar
36 Tahun Beroperasi, Koperasi Bahtera Layani Lebih dari 6 Ribuan Anggota di Ende

Dok. RAT Koperasi Bahtera Ende Tahun Buku 2016 (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Perjalanan Koperasi Bahtera Ende selama 36 Tahun diawali dengan beranggotakan 300 orang, saat ini pada tahun 2018, Koperasi Kredit Bahtera Ende telah melayani 6.596 orang yang tersebar di berebagai wilayah di Kabupaten Ende. 

Ketua Koperasi Bahtera Ende, Rafael Rondo mengungkapkan hal itu dalam laporannya pada pembukaan kegiatan RAT Koperasi Bahtera, Ende, beberapa waktu lalu. Rafael mengatakan bahwa tema RAT (Rapat anggota Tahunan) Koperasi Bahtera Buku 2017 adalah urgensitas komitmen aksi : membedah tata kelola kopdit yang sehat.

Visi dari Koperasi Bahtera adalah sebagai lembaga pelayanan keuangan anggota yang aman, terpercaya dan berkelanjutan. Sedangkan misi Koperasi Bahtera adalah meningkatkan kesejahteraan anggota melalui pelayanan simpan pinjam serta melakukan pendampingan financial dan usaha anggota. 

Baca Lainnya : Kembangkan Produk Pertanian, Walikota Batu Siap Bangun Pusat UMKM

Selain itu koperasi Bahtera juga mengusahakan tata kelola organisasi dan simpan pinjam anggota secara profesional dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk mengubah pola pikir anggota.

Tujuannya dari itu semua adalah untuk meningkatkannya kesejahteraan anggota agar semakin berkembangnya kemampuan anggota dalam mengelola finansial dan usahanya, terciptanya tata kelola organisasi dan simpan pinjam anggota secara profesional, terjadinya perubahan pola pikir anggota dalam koperasi

"Kalau kita semua anggota Kopdit Bahtera Ende sebanyak 6.596 orang menghayati 5 pilar pendidikan koperasi kredit (pendidikan, swadaya, solidaritas, inovasi dan persatuan) dan mengamalkan motto kopdit kita, Engkau usah Aku Bantu, Aku Susah Engkau Bantu" hidup di zaman mana akan kita libas dan tantangan sebesar apapun akan mudah kita atasi,"jelasnya.

Baca Lainnya : 200 Koperasi di Kota Kendari Tidak Aktif

Untuk menggapai tujuan tersebut, Rafael beserta pengurus telah membuat beberapa pola kebijakan, yang disingkat dengan POLJAK ( antara lain : Poljak simpanan, Poljak pinjaman, piljak keuangan) dan telah merevisi peraturan khusus, yang disingkat dengan PERSUS (persus kepegawaian, kepengurusan) dan yang terakhir Merevisi Anggaran Rumah Tangga (ART) Kopdit Bahtera Ende.

"Kini kita hidup di era milennium yang penuh dengan tantangan. Tidak dapat disangkal bahwa manusia adalah makluk yang multidimensional, karena itu memanusiakan manusia adalah suatu usaha yang tidak mudah atau suatu usaha yang sulit. Kami berharap tantangan - tantangan tersebut tidak membuat kita pesimis atau berkecil hati melainkan sebagai tantangan atau cambuk untuk kita berjuang bersama dalam hidup berkoperasi," jelasnya. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: