Pemerintah Sleman Terus Upayakan Pendampingan Petani Kopi Merapi

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 April 2018   13:00 WIB

Komentar
Pemerintah Sleman Terus Upayakan Pendampingan Petani Kopi Merapi

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Guna meningkatkan produktivitas kopi merapi, Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terus melakukan pendampingan kepada para petani kopi merapi di lereng Gunung Merapi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Kortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman Edy Sri Harmanto.

Ia mengatakan, selain memberikan pendampingan ke petani kopi merapi, pihaknya juga akan mengajak warga sekitar menanam pohon sengon guna mengatur keseimbangan tanaman kopi.

Baca Lainnya: Menjawab Tantangan, Membangun Desa Melalui Sekolah Terbuka Berkurikulum Restorasi Desa

“Selain menenam kopi merapi, kami juga mengajak warga menanam pohon sengon karena nilai ekonomisnya cukup tinggi, jadi bisa menambah penghasilan warga setempat. Selain itu, pohon sengon juga membuat peneduh tanaman kopi,” ujar Edy di Jogja, Senin (23/4).

Untuk itu, pihaknya berupaya memberikan pemahaman dan pendampingan kepada warga agar penanaman pohon sengon bisa diatur jaraknya sehingga saat tebang tidak merusak tanaman kopi.

“Di Temanggung, petani kopi menanam pohon juga menanam pohon sengon tapi dengan pengaturan pola jarak sehingga saat panen dan menebang pohon sengon tidak merusak tanaman kopi," paparnya.

Baca Lainnya: 2 Perusahaan BUMN Lakukan Program Padat Karya di Borobudur

Pihaknya juga akan membantu para petani kopi untuk melakukan peremajaan tanaman kopi di lereng Gunung Merapi yang sudah tidak produktif untuk meningkatkan jumlah produksi kualitas biji kopi yang dihasilkan.

“Kami akan terus membantu dan mendampingi para petani kopi lereng Merapi untuk penambahan populasinya dengan cara melakukan regenerasi tanaman yang sudah tua," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan regenerasi tanaman kopi yang akan dilakukan nantinya akan tersebar di lahan lereng Merapi, seperti di Dusun Tritis dan Ngandong, Desa Girikerto, Kecamatan Turi. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

PUPR Harapkan Padat Karya Tunai Serap 777.206 Orang pada 2021

Pendampingan   11 Jan 2021 - 10:36 WIB
Bagikan:          
Bagikan: