Kemenkop dan UKM Dukung Penyertaan Modal Pemda di PPKD

TrubusNews
Thomas Aquinus
05 April 2018   07:30 WIB

Komentar
Kemenkop dan UKM Dukung Penyertaan Modal Pemda di PPKD

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) mendukung pembentukan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) di Provinsi Jambi. Dengan adanya PPKD tersebut maka Kemenkop dan UKM dapat mendorong percepatan penyertaan modal baik dari pemerintah kabupaten, kota maupun provinsi.

Rapat Koordinasi percepatan pembentukan PPKD digelar sebagai lanjutan tahun lalu yang telah menghasilkan Peraturan Daerah (Perda), namun dibutuhkan waktu dan pemahaman dalam proses kelahiran PPKD di daerah termasuk Jambi.

“Rapat koordinasi kedua ini diharapkan tugas tim percepatan yang dibentuk akan semakin jelas dan terukur, sehingga penyusunan naskah akademik, maupun persiapan Perda Penyertaan akan lebih cepat,” ujar Asdep Pembiayaan Non Bank dan Perpajakan, Kemenkop dan UKM, Suprapto dalam siaran pers, Rabu (4/4).

Baca Lainnya: Perhimpunan UKM IKM Jalin Kerjasama Dengan Kementerian ESDM

Asisten III Bidang Pemerintahan Setda Jambi, Tagor Mulya Nasution, menyatakan dukungan pemerintah daerah untuk penyertaan modal pada PPKD memang sangat diharapkan. Sebab, PPKD mampu mendongkrak perekonomian Jambi.

“Bagaimanapun akses pembiayaan bagi pelaku UMKM di sektor ini belum mendapat solusi, maka kehadiran PPKD adalah solusinya,” kata Tagor.

Selama ini, sektor KUMKM tumbuh pesat di Jambi. Jumlah koperasi sebanyak 3.896 unit, dengan anggota 361.413 orang. Sedangkan jumlah UKM tercatat mencapai 100.898 unit dengan serapan tenaga kerja sebanyak 175.755 orang.

Baca Lainnya: Kemenkop dan UKM Targetkan 15.000 Usaha Mikro Mendapat Pendampingan KUR

Namun, permasalahan utama KUMKM Jambi adalah dari sisi kemasaan, pengolahan dan pemasaran bagi komoditi dan produk pertanian antara lain kopi, pisang, nenas, ubi kayu yang ada sepanjang musim. Jambi sendiri juga memiliki kekayaan alam yang khas.

Kadis Koperasi dan UKM Jambi, Herman Rusdi mengungkapkan dalam pembentukan PPKD di Jambi tidak ada masalah teknis. Namun, tidak dipungkiri masih diperlukan dukungan pihak Kemenkop dan UKM secara terus menerus hingga PPKD beroperasi dengan sehat nantinya.
“Keberadaan PPKD sebagai kebutuhan yang mendesak, meskipun proses pembentukannya masih lamban,” tutup Rusdi. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dana Desa Berikan Dampak Signifikan Terhadap Ekonomi Perdesaan

Pendampingan   23 Feb 2020 - 23:58 WIB
Bagikan:          
Bagikan: