Tingkatkan Daya Saing, Kemenkop UKM Bina Pelaku Koperasi/UKM Kopi

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
01 Mar 2018   17:00

Komentar
Tingkatkan Daya Saing, Kemenkop UKM Bina Pelaku Koperasi/UKM Kopi

Pelatihan barista racik kopi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan dan bimbingan teknis proses sangrai kopi atau roasting kopi bagi para pelaku koperasi dan UKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan, pelatihan roasting kopi dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk kopi yang dihasilkan para UKM.

Baca Lainnya : Kemenkop dan UKM Berharap Modal Ventura Dorong Pembiayaan UMKM

"Materi yang diberikan bermacam, namun lebih fokus pada proses sangrai kopi karena merupakan proses utama, yang akan menentukan cita rasa kopi itu sendiri," jelas Wayan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (1/3).

Ia juga menyebutkan, tantangan produsen kopi UKM adalah bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi.

Untuk itu, ia bersama asisten Deputi Industri dan Jasa serta Kepala Bidang Jasa dan Aneka Usaha Kemenkop dan UKM, mengambil inisiatif untuk menggelar bimbingan teknis (bimtek) yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kualitas produk kopi dan difokuskan pada proses sangrai.

Baca Lainnya : OJK Dorong Financial Technology Bantu Sektor UMKM

"Cita rasa kopi dapat di kreasikan sesuai selera, tapi itu semua tergantung pada proses roasting ini dilakukan," tutup Wayan.

Pelatihan tersebut digelar di Jakarta selama sehari melibatkan para pelaku KUKM yang selama ini menjadi produsen minuman kopi di ibu kota. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: