Jelajah Nusantara Pemberdayaan BSK, Cerita Sukses Dalam Mendampingi Masyarakat

TrubusNews
Astri Sofyanti
15 Juli 2020   17:58 WIB

Komentar
Jelajah Nusantara Pemberdayaan BSK, Cerita Sukses Dalam Mendampingi Masyarakat

Pembudidaya jamur tiram di kawasan Jonggol, Jawa Barat yang juga dampingan Bina Swadaya Konsultan. (Foto : Dok. Bina Swadaya Konsultan)

Trubus.id -- Bina Swadaya Konsultan adalah sebuah perusahaan jasa konsultasi nasional yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Lahirnya Bina Swadaya Konsultan tak luput dari peran Pendiri Yayasan Bina Swadaya Bambang Ismawan. Kiprah beliau dalam gerakan pemberdayaan masyarakat tak perlu diragukan lagi.

Menilik sejarahnya, Bina Swadaya Konsultan dibentuk pada tahun 1988 ini memiliki tiga aspek layanan yaitu Pendampingan, Penelitian dan Pelatihan.

Pengalaman panjang dalam mengelola berbagai aktivitas pengorganisasian, pemberdayaan dan pembangunan di tingkat akar—rumput membuat Bina Swadaya Konsultan banyak diminati oleh berbagai departemen dan lembaga multilateral untuk terlibat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan.

Beragam perjalanan Bina Swadaya Konsultan dalam melakukan Pendampingan, Penelitian dan Pelatihan:

• Membentuk 650,000 kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dengan anggota sekitar 13,5 juta, bekerjasama dengan BKKBN dan Ford Foundation (1983-1989).

• Membentuk 120,000 KSM (sekitar 3,6 juta keluarga), kerjasama dengan Bappenas dan Depdagri dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana bergulir (1993-1998).

• Membentuk 60,000 kelompok pertani–nelayan kecil (P4K), kerjasama dengan Departemen Pertanian.

• Membentuk 34,227 KSM (sekitar 1,026,810 keluarga) dalam rangka program PHBK, kerjasama antara Bank Indonesia, BRI dan GTZ (1987–2001). Akumulasi kredit tersalur Rp 331 miliar dan tabungan 29,5 miliar.

• Menyusun Program Perhuatanan Sosial, bekerjasama dengan 50 LSM, universitas, Perum Perhutani dan Ford Foundation (1980).

• Program Irigasi Terpadu, bekerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum untuk daerah Sumatera Utara, Subang dan Banten (Jawa Barat).

Sepenggal cerita BSK dalam melakukan Pendampingan, Penelitian dan Pelatihan yang menjangkau hampir ke semua pelosok nusantara:

Sumatera

Bengkulu

Pada tahun 2002 sampai 2005 BSK bekerjasama dengan Uni Eropa melakukan penguatan Unit Pengelolaan Keuangan Desa di Bengkulu.

Medan

BSK bekerja sama dengan Uni Eropa tahun 2005 – 2006 melakukan penguatan kapasitas institusi pemda dan usaha kecil dan medium untuk pengembangan ekowisata.

Lampung

Pada 2018, BSK melakukan program pemberdayaan ekonmi masyarakat di Kecamatan Anak Tuha. Dari pendampingan tersebut, BSK membentuk 3 Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) dengan total 86 anggota.

Riau

Pada 2019 di Riau, BSK melakukan pelatihan peningkatan kapasitas RAPP 2019. Tujuan umum pelatihan adalah meningkatnya kesadaran (motivasi), pengetahuan dan keterampilan konsep pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Kelompok Swadaya Masyarakat.

Kalimantan

Kabupaten Kutai Timur

BSK bekerjasama dengan Indexim Coalindo melakukan pendampingan terhadap kelompok nelayan tambak dan UMKM di Desa Selangkau selama periode November 2019 – Januari 2020. Di sana, BSK membentuk 5 KSM, yang meliputi 1 kelompok budidaya perikanan dan 4 kelompok pengolahan perikanan, yang beranggotakan 143 orang. BSK juga membangun sekolah tambak udang.

Kabupaten Tabalong dan Balangan

Pada tahun yang sama BSK bekerjasama dengan PT ADARO Indonesia menangani program Vokasi ke-6 pesantren di Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Timur. BSK memberikan pendampingan ke-6 pesantren yang mencakup 2.717 santri dan 186 ustadz untuk mendapatkan pelatihan vokasi keterampilan usaha seperti beternak kambing, produksi kue, keripik tempe hingga pelatihan membuat kandang kambing untuk penggemukan, kolam ikan, hingga membangun gudang pakan.

Sulawesi

Kabupaten Banggai

CSR DSLNG bekerja sama dengan BSK dalam melaksanakan program bidang ekonomi masyarakat melalui LFA yang disusun selama 3 tahun (2016-2018) guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar DS LNG dengan program-program berkelanjutan.

Kabupaten Donggala

Melalui ERCB Phase 3, pada tahun 2019, Kerja sama dengan CARE dalam program Sulawesi Emergency Response di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, meliputi ruang lingkup shelter, air bersih, sanitasi, pembersihan puing dan bantuan langsung tunai.

Jawa

Kabupaten Batang

Bina Swadaya Konsumtan melakukan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Batang sejak tahun 2016 - 2018. Program kegiatan pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri. Program berfokus pada pengembangan potensi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam kerangka wirausaha sosial.

Jepara

BSK bekerjasama dengan KSM Ternak Makmur Bhumi Jaya pada 2019. Sebelum berdirinya KSM, hampir tidak ada kepedulian antar sesama peternak. Setelah dikenalkan model Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) melalui pendampingan BSK para peternak mulai memiliki perencanaan bersama secara partisipatif.

Program ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Tubanan melalui program pendampingan kandang komunal bagi peternak sapi.

Jakarta

Swedish Committee for Afghanistan (SCA) bekerjasama dengan BSK pada 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama yang kedua kalinya antara BSK dengan SCA. Selama 4 hari (14 - 17 Januari 2020), Trubus Bina Swadaya mendapat tamu dari Komunitas Swedia untuk Afghanistan (SCA) untuk studi banding tentang pengarusutamaan gender di Indonesia.

Jakarta Utara

Program Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) melalui Bina Swadaya Konsultan (BSK) terus berupaya mendorong pertumbuhan usaha – usaha produktif di Marunda dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Bojonegoro

Tahun 2013 – 2017 BSK memberikan pendampingan kegiatan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) berfokus pada peningkatan aspek livelihood masyarakat yang terkena dampak langsung terhadap keberadaan operasi ExxonMobil dan MCL, melalui pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan, bertanggunjawab, adil dan lestari.

Nusa Tenggara Barat

BSK bekerjasama dengan PT Sumbawa Timur Mining VALE – Dompu pada tahun 2018 – 2020, melakukan pendampingan 8 kelompok usaha dan 6 pelaku usaha indvidu dengan 8 jenis usaha kelompok: aneka tepung, stik, kue kering, rempeyek keripik, saos, kerupuk udang, kecap, hingga sayuran.

Terbentuknya kelompok kerja usaha ternak ayam dengan tujuan pemasaran bersama. Pengetahuan dan ketrampilan pengurus kelompok meningkat di bidang keuangan usaha dan modal kelompok swadaya.

Kepulauan Maluku

BSK melakukan pemberdayaan dan pendampingan di Halmahera Tengah dan Timur tahun 2011 Program Pemberdayaan Livelihood Masyarakat di PT. Weda Bay Nickel (WBN) – Yayasan Saloi.

Papua

Teluk Bintuni

BSK melakukan Layanan Program Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat (Livelihood) di Teluk Bintuni, Papua Barat. BSK memberikan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat untuk mandiri dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui koperasi.

Timika

BSK melakukan program pengembangan ekonomi masyarakat Timika. Di sana, peserta diberikan pelatihan kepemimpinan dan kerja tim.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan: