Pelaku UKM Manfaatkan Digital Marketing? Simak Manfaatnya Berikut Ini

TrubusNews
Syahroni
19 Des 2019   20:35 WIB

Komentar
Pelaku UKM Manfaatkan Digital Marketing? Simak Manfaatnya Berikut Ini

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bisnis memang telah menjadi sebuah hal yang digemari masyarakat akhir-akhir ini. Namun seringkali, untuk menjalankan sebuah usaha terbentur dengan modal yang tidak sedikit. UKM atau Usaha Kecil Menengah pun menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki banyak modal. Bahkan tidak sedikit UKM di Indonesia yang akhirnya berhasil dan sukses di pasaran. 

Dari sekian banyak UKM yang ada, UKM di bidang kuliner adalah salah satu yang paling menjanjikan. Kuliner yang berkaitan dengan makanan ini memang akan selalu dicari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Maka dari itu bisnis UKM dibidang kuliner ini tak akan pernah mati jika Anda mampu mengerjakannya dengan baik. Pemanfaatan Digital marketing juga memiliki peranan penting di dalamnya. 

Nah, kira-kira apa sih penyebab para pelaku UKM perlu memanfaatkan teknologi digital untuk marketing? Yuk simak ulasan dan penjelasan berikut ini.

1. Tanpa Batas Geografis

Digital marketing dapat membantu Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka kesempatan Anda memperoleh pelanggan pun juga bisa semakin besar.

2. Tanpa Batas Waktu

Dengan digital marketing dan website, maka apapun bisnis Anda, dapat dipromosikan selama 24/7 tanpa harus menambah jumlah karyawan atau menambah shift, untuk beberapa jenis bisnis (misalnya ecommerce/toko online) Anda bisa menerima transaksi 24/7 dan memproses transaksi esok harinya.

3. Dapat Diukur (Measurable)

Dengan digital marketing Anda dapat mengetahui angka-angka Key Performance Indicator (KPI). KPI merupakan target-target yang diinginkan sudah tercapai atau belum. KPI ini dapat dilihat lebih detail, misal dari segi cost per view, cost per click, bahkan cost per conversion dari budget yang dikeluarkan. Budget benar-benar ada di dalam kontrol Anda.

4. Jauh Lebih Murah daripada Marketing Konvensional

Strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi. Digital marketing tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis dalam menghasilkan klien. Akan tetapi, digital marketing dapat pula menghemat anggaran iklan Anda.

Sebenarnya, masih ada banyak keuntungan lainnya dari digital marketing daripada marketing konvensional yang tidak bisa dibahas satu-satu, misalnya kemampuan digital marketing untuk melakukan collecting data dari calon customer (seperti e-mail atau viewer dari digital ads Anda), kemampuan untuk mengetes berbagai macam targeting dan creative (copywriting ads, gambar dan video) dengan biaya sangat murah. (Daya.id/ RN)

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan: