Perkuat Ekonomi Keluarga, BKKBN dan Bina Swadaya Gelar Pelatihan Akuember

TrubusNews
Thomas Aquinus
14 Nov 2019   19:30 WIB

Komentar
Perkuat Ekonomi Keluarga, BKKBN dan Bina Swadaya Gelar Pelatihan Akuember

Pelatihan akuaponik dalam ember kerja sama BKKBN dan Bina Swadaya. (Foto : Bina Swadaya/Valens)

Trubus.id -- Kerja sama Yayasan Bina Swadaya dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga setelah sekian lama vakum akhirnya diwujudkan kembali dengan diselenggarakannya pelatihan akuaponik di ember (Akuaember) dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

Adapun pelatihan ini diberikan kepada para kader di kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang termasuk dalam mendukung program pemerintah terkait pembangunan berkelanjutan atau biasa disebut dengan SDGs. 

“Sekarang kita mengadakan pelatihan untuk 2 UPPKS di Bogor, pelatihan untuk ketahanan pangan keluarga melalui akuaember, akuaponik dalam ember”, ujar Emilia, Pengurus Yayasan Bina Swadaya, kepada Trubus.id, Kamis (14/11).

Emilia berharap, pelatihan yang diselenggarakan di Bogor ini menjadi titik awal terjalinnya sinergi antara program BKKBN dan Bina Swadaya yang sama-sama berkomitmen mendukung implementasi SDGs di Indonesia.

Baca Lainnya : Bupati Mamberamo Raya Inginkan Konsep GRD Bina Swadaya Dapat Diwujudkan

“Jadi hari ini kick off kerja sama Bina Swadaya dengan BKKBN dalam rangka mengurangi kemiskinan, gender of quality dan ketahanan pangan keluarga” ujar Emil.

Dikatakannya, kick off kerja sama pelatihan bersama BKKBN hari ini diharapkan dapat terus berlanjut ke dalam program di tahun 2020 hingga 2024. Adapun pelatihan tersebut dibuka oleh Nurhayati Kepala Dinas BP3AP2KB dan dihadiri juga Dr. dr. M. Yani, M. Kes, PKK, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (Deputi Bidang KSPK) BKKBN.

Nurhayati Kepala Dinas BP3AP2KB dan Dr. dr. M. Yani, M. Kes, PKK, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (Deputi Bidang KSPK) BKKBN (Foto: Bina Swadaya/Valens)

Pada kesempatan tersebut M. Yani juga menyampaikan, bahwa kerja sama dengan Bina Swadaya melalui Penebar Swadaya dengan pelatihan Akuember ini merupakan bagian dari peningkatan kesejahteraan keluarga. 

Baca Lainnya : Program Bangun Desa di Sumba Barat Daya Sentuh Kebutuhan Dasar Masyarakat

“Di pembangunan keluarga tujuan kita memang untuk meningkatkan ketahanan keluarga, jadi ketahanan keluarga ini salah satunya upaya yang dilakukan adalah dengan peningkatan-peningkatan ekonomi keluarga seperti ini”, ujarnya.

Menurutnya, saat ini masih banyak ekonomi keluarga yang masih tergolong rentan atau pra sejahtera. Walaupun sudah ada peningkatkan, namun jika ditotal dari jumlah penduduk maka jumlahnya masih terbilang banyak. 

Ibu-ibu sedang mempraktekkan akuember (Foto: Bina Swadaya/Valens)

“Dalam rangka menciptakan keluarga berkualitas dan anak sehat, hari ini merupakan salah satu upaya dalam kelompok yang kita sebut rentan atau pra sejahtera. Usaha-usaha ini diharapkan dapat dipraktekkan dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga akan membantu mempercepat keluar dari keluarga pra sejahtera menjadi sejahtera itu tujuannya”, terangnya.

Baca Lainnya : Bambang Ismawan Kenalkan Gerakan Revitalisasi Desa Bina Swadaya kepada Menteri Desa

Dirinya juga berharap, kerja sama dengan Bina Swadaya dapat terus berlanjut dalam meningkatkan kersejahteraan keluarga.

“BKKBN tidak bisa sendiri, kali ini kita bersama Yayasan Bina Swadaya melalui Trubus mempunyai teknologi, mudah-mudahan lewat  kerja sama ini dapat mewujudkan percepat bagkitnya masyarakat Indonesia”, ujarnya. 

Sementara itu, narasumber akuaponik di ember (Akuember) dari Penebar Swadaya Rudi Hartono dan Fathulloh menyampaikan, akuember yang terdiri dari lele dan tanaman kangkung dalam satu wadah merupakan cara yang paling tepat dalam mewujudkan ketahanan pangan di tingkat keluarga. 

“Iya, (akuember) merupakan paling murah dan paling bisa diaplikasikan. Yang paling memungkinkan itu lele”, pungkas Fathulloh. [NN]
 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: