Potensi Kopi di Gunung Puntang Tinggi, CARE IPB Beri Pelatihan Barista

TrubusNews
Thomas Aquinus
12 Nov 2019   11:30 WIB

Komentar
Potensi Kopi di Gunung Puntang Tinggi, CARE IPB Beri Pelatihan Barista

Pelatihan barista (Foto : IPB University)

Trubus.id -- Gunung Puntang adalah salah satu objek wisata alam yang berada di selatan Kabupaten Bandung dan memiliki potensi yang sangat terkenal yaitu Kopi Puntang. Bahkan, kopi arabika yang dihasilkan di wilayah ini terkenal dengan cita rasa yang sangat disukai oleh para pencita kopi di seluruh Indonesia dan mancanegara.

Namun, dibalik potensi kopi di Gunung Puntang belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, Center for Alternative Dispute Resolution (CARE) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerja sama dengan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Perhutani dan Yayasan Owa Jawa memberikan pelatihan Barista bagi masyarakat sekitar.

Baca Lainnya : Solusi Mengatasi Noda Kopi pada Gigi

Peserta pelatihan merupakan masyarakat sekitar Gunung Puntang yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Amanah.

Pelatihan yang digelar beberapa waktu lalu itu menghadirkan Barista dari Kopi Soldadu Premium dan diikuti oleh 13 orang peserta dari anggota LMDH Bukit Amanah dan Yayasan Owa Jawa.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Trubus.id, Selasa (12/11), pelatihan dasar barista dilakukan bertujuan untuk memberikan ilmu dan keterampilan kepada para perwakilan anggota LMDH Bukit Amanah tentang tata cara menjadi seorang Barista yang baik dan benar.

Pemilik Kopi Soldadu Premium, Mahendra Kusuma mengatakan, "Kopi Gunung Puntang memiliki cita rasa yang sangat disukai pecinta kopi, maka  harus didukung dengan cara penyajian yang baik dan benar".

Baca Lainnya : Mengapa Perempuan Perlu Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Pelatihan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dengan materi tentang macam-macam cara penyeduhan kopi sekaligus praktiknya. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Sebagian besar masyarakat sekitar Gunung Puntang dulunya berprofesi sebagai pemburu di hutan, saat ini dengan adanya pemberdayaan masyarakat, mereka beralih profesi menjadi petani dan penggiat kopi. Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina EP, Perhutani, Yayasan Owa Jawa dan CARE IPB yang telah peduli kepada kami,” papar Abah Onil, salah satu peserta pelatihan.


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: