Membangun Wirausaha Tidak Harus Dimulai dengan Uang, Ini Kuncinya

TrubusNews
Thomas Aquinus
07 Nov 2019   19:30 WIB

Komentar
Membangun Wirausaha Tidak Harus Dimulai dengan Uang, Ini Kuncinya

Talkshow bertajuk “Creation Without Limit: Embracing Inclusivity Through Entrepreneurship” yang didukung @america dan Campaign.com di @america, Pasific Place, Jakarta, Rabu (7/11). (Foto : campaign.com)

Trubus.id -- Selama ini Trubus Mania mungkin berpikir kalau ingin berwirausaha modal utamanya adalah uang. Namun bagi pebisnis dan aktivis sosial Iim Fahima, yang juga CEO of Queenrides mengatakan bahwa selama dirinya membangun 7 perusahaan tidak dimulai dengan uang. 

“Semuanya tidak didahului dengan uang, semuanya didahului dengan ide. Jadi kita punya ide besar apa?”, ujarnya saat talkshow bertajuk “Creation Without Limit: Embracing Inclusivity Through Entrepreneurship” yang didukung @america dan Campaign.com di @america, Pasific Place, Jakarta, Rabu (7/11).

Menurutnya, ide besar bisa muncul dari permasalahan  yang terjadi disekitar. “Semakin besar problem semakin besar opportunity kita, there something yang bisa saya kerjain gitu”.

Iim mengambil contoh, saat ini dirinya membangun Queenrides yang merupakan sebuah platform online dan offline untuk mengedukasi perempuan tentang berkendara aman. Menurutnya, Queenrides hadir untuk menjawab permasalahan selama ini bahwa angka kecelakaan perempuan ternyata lebih tinggi dibanding laki-laki.

Baca Lainnya : Specialpreneur Berharap Ibu Kota Membuka Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

“Awalnya dari isu sosial angka kecelakaan di Indonesia sangat tinggi, angka kecelakaan yang melibatkan perempuan jauh lebih tinggi dibanding laki-laki dalam 5 tahun belakangan”, ujarnya.

Iim Fahima yang juga CEO of Queenrides (Foto: campaign.com)

Melihat permasalahan tersebut, dirinya mulai mencari solusi untuk dibawa kepada pemilik brand yang tertarik dengan idenya.  

“Jadi kita membawa deck presentasi, kita bikin kita paparkan problemnya, opportunity dan solusinya apa saya bawa ke pemiliki brand”, katanya. 

Baca Lainnya : 6 Kunci Atasi Risiko Wirausahawan Menuju Jalan Sukses

Iim mengakui, memang hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Namun dengan pengalaman yang dijalaninya selama ini, dirinya ingin mengajak kepada setiap orang bahwa tidak semua memulai sebuah wirausaha tergantung dari uang. 

“Jadi, dari berbagai bisnis saya tidak pernah mengeluarkan uang di depan. Jadi betul-betul yang dikuatkan adalah idenya”, ujarnya.

Dirinya juga mengatakan kepada calon wirausahawan baru jangan minder duluan kalau tidak mempunyai modal (duit). “Tapi minderlah kalau tidak mempunyai ide, karena sebenarnya kekuatannya ada disitu”. [NN]

 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: