Menkop UKM Ingin Pusat Perbelanjaan Serap Produk UMKM Berkualitas

TrubusNews
Thomas Aquinus
31 Okt 2019   18:00 WIB

Komentar
Menkop UKM Ingin Pusat Perbelanjaan Serap Produk UMKM Berkualitas

Menkop dan UKM Teten Masduki saat membuka INA Shop dan Munas Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), di PRJ Kemayoran Jakarta, Kamis (31/10). (Foto : Kemenkop UKM)

Trubus.id -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, meminta kepada para penyewa pusat perbelanjaan saat ini untuk lebih banyak menyerap produk UMKM yang berkualitas dan memenuhi standar pasar. 

"Para UMKM ini kan rata-rata tidak memiliki toko. Mereka baru sedikit tertolong dengan adanya online, namun mereka masih tetap membutuhkan offline," kata Teten usai membuka INA Shop dan Munas Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), di PRJ Kemayoran Jakarta, Kamis (31/10).

Dalam siaran persnya, Teten meminta produk-produk UMKM jangan hanya dipajang ditempat-tempat yang kurang strategis, namun ditempatkan di etalase premium di mall atau pusat perbelanjaan. 

"Untuk pasar luar negeri, pemerintah juga akan membantu UMKM dengan menyediakan warehouse di luar negeri yang bisa di sewa UMKM dengan biaya murah. Ini sudah dilakukan Thailand dalam menaikkelaskan UMKM di negara itu," ujarnya.

Baca Lainnya : Membangun SDM Koperasi Melalui Bimtek Sistem Pengendalian Itern

Sementara itu staf ahli bidang Pengamanan Oasar Kemendag Sutriono Edi mengatakan, "Dalam perekonomian global yang cenderung menurun saat ini, tantangan bagi pelaku usaha cepat berubah. Pasar yang dulunya banyak membeli produk seperti makanan, kini mulai bergeser pada produk traveling, kecantikan. Apalagi dengan adanya e-commerce yang membuat konsumen bisa memesan dari rumah" ujarnya.

Namun katanya, penjualan di ritel bisa dikawinkan antara online dan offline. Pengelola gerai juga disarankan melakukan inovasi misalnya dengan kurasi, desain interior yang menyediakan spot-spot menarik, meningkatkan pelayanan dan pengunaan casheles payment.

Baca Lainnya : Cara Jitu Kemendes PDTT Tingkatkan UMKM di Era Disruptif

"Kami di Kemendag memiliki 45 atase pedagangan di LN. kami harap bisa dimanfaatkan UMKM yang ingin go internasional manfaatkan," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, HIPINDO akan jadi partner pemerintah dalam uoaya menaikkelaskan UMKM. " Kami siap menyediakan tempat premium di mall, rest area buat UMKM. Kami juga siap membuka gerai-gerai di pusat perbelanjaan di luar negeri, dimana produk UMKM akan menjadi barang yang akan dijual tentunya dengan memenuhi standard pasar," katanya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: