3 Alasan Bisnis UKM Kamu Dijalankan Tanpa Harus Menggunakan Uang Tunai

TrubusNews
Thomas Aquinus
30 Okt 2019   13:00 WIB

Komentar
3 Alasan Bisnis UKM Kamu Dijalankan Tanpa Harus Menggunakan Uang Tunai

Ilustrasi pembayaran digital (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Munculnya opsi pembayaran seluler dan digital baru seperti Apple Pay, Samsung Pay, PayPal dan Google Wallet, pembayaran tunai saat ini menjadi kurang umum. 

Faktanya, menurut Worldpay's 2018 Global Payment Report, penggunaan global pembayaran seluler diperkirakan meningkat menjadi 28 persen pada tahun 2022, melampaui kartu kredit dan uang tunai.

Mengingat tren ini, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk menghapus pembayaran tunai dari usaha Trubus Mania secara keseluruhan. Mungkin saat ini kamu masih belum terbiasa dan nyaman melakukan pembayaran menggunakan uang (cash). 

Baca Lainnya : Pelaku UKM dan IKM Olahan Keripik Kota Singkawang Bidik Pasar Malaysia

Namun sebenarnya ada sejumlah manfaat. Nah, sebaiknya Trubus Mania melihat tiga alasan dilansir dari entrepreneurcom mengapa bisnis UMKM kamu harus mempertimbangkan untuk tidak memiliki uang tunai.

1. Meningkatkan efisiensi checkout

Konsumen hari ini sibuk dan tidak ingin menghabiskan waktu menunggu dalam antrean untuk check out. Itulah sebabnya perusahaan seperti Starbucks telah mempromosikan aplikasi pesanan dan bayar seluler yang memungkinkan pelanggan membayar di muka. 

Menurut eMarketer, 43 persen pengguna internet A.S. lebih suka mencoba scan-and-go daripada menunggu dalam antrian checkout. Ditambah dengan menjadi cashless, kamu bahkan dapat melakukan bisnis saat bepergian. Ingin berpartisipasi dalam toko pop-up atau pameran bisnis lokal? Alih-alih terikat oleh register, pembayaran seluler dan digital memungkinkan kamu untuk berada di tempat pelanggan kamu. 

Baca Lainnya : Menkop UKM: Importir Harus Memberikan Edukasi ke Petani Kopi

2. Membuat akuntansi lebih mudah untuk dikelola

Ketika bisnis kamu berurusan dengan uang tunai, kamu benar-benar harus menghitung setiap rupiah. Dengan pembayaran seluler dan digital, setiap transaksi secara otomatis dilacak dan dicatat, yang berarti lebih sedikit ruang untuk kesalahan pada bagian kamu dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk penghitungan dan pencatatan transaksi secara manual. 

Kamu juga akan menghemat waktu dengan tidak harus lari ke bank untuk mendapatkan gulungan uang receh atau melakukan setoran harian. Selain itu, dengan data real-time tentang arus kas bisnis, kamu akan lebih dapat melihat peluang untuk peningkatan dan membuat keputusan bisnis yang tepat untuk meningkatkan laba kamu lebih banyak lagi.

Baca Lainnya : Kemenkop UKM Ungkap Koperasi Bisa Memenuhi Kebutuhan Para Pelaku Usaha

3. Mengurangi risiko

Untuk alasan yang jelas, menyimpan uang tunai meningkatkan risiko pencurian. Selain tidak perlu khawatir dirampok oleh penjahat, kamu juga harus khawatir tentang karyawan kamu sendiri yang mengambil dari daftar. 

Belum lama berselang, pemilik Park Cafe & Coffee Bar di Baltimore berbicara dengan The Baltimore Sun tentang kehilangan uang setelah dirampok dengan todongan senjata lima kali dalam empat bulan. Maka tidak ada salahnya untuk menghindari perampokan uang cash di toko kamu dinimalisir dengan menggunakan pembayaran digital.

Nah, sekarang setelah kamu mengetahui manfaatnya, Trubus Mania dapat membuat keputusan untuk bisnis kamu. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: