Kemenperin Pacu Wirusaha Muda Melalui Sektor Industri Kreatif Kriya dan Fesyen

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
21 Sep 2019   07:00

Komentar
Kemenperin Pacu Wirusaha Muda Melalui Sektor Industri Kreatif Kriya dan Fesyen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus memacu pertumbuhan wirausaha muda dalam sektor industri kreatif di Tanah Air. (Foto : Dok Kemenperin)

Trubus.id -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus memacu pertumbuhan wirausaha muda dalam sektor industri kreatif di Tanah Air. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelaksanaan kegiatan inkubator bisnis kreatif dengan target generasi muda yang berusia di bawah 28 tahun dengan fokus di sektor industri kriya dan fesyen.

“Upaya tersebut juga merupakan bagian dari sasaran pemerintah untuk semakin mendorong peningkatan ekspor, sekaligus agar sektor industri kreatif mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional serta membawa efek ganda bagi pertumbuhan ekonomi kreatif,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam siaran persnya, Jumat (20/9).

Gati mengungkapkan, guna meningkatkan jumlah wirausaha muda dalam industri kreatif, Direktorat Jenderal (Ditjen) IKMA Kemenperin melakukan kegiatan Creative Business Incubator – Bali Creative Industry Center (CBI – BCIC) Batch I Tahun 2019 yang telah dibuka di Kampus Universitas Prasetya Mulya, Jakarta, pada Selasa (17/9).

Baca Lainnya : Semangat Wirausaha Muda di Papua Tumbuh Berkat Khasiat Tanaman Asli

Rekrutmen peserta CBI – BCIC telah dilaksanakan secara terbuka melalui media sosial dan kegiatan Creative Talk yang diselenggarakan di Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Jumlah pendaftar CBI – BCIC Batch I Tahun 2019 mencapai 840 orang, yang kemudian diseleksi menjadi 30 peserta terpilih. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 17 September hingga 5 November 2019 di Jakarta.

“Melalui program tersebut, para pelaku IKM kreatif pemula bidang kriya dan fesyen akan diberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan bisnis atau scalling-up. Tahapan ini cukup krusial mengingat banyak pelaku usaha kreatif pemula yang sudah mampu menjalankan usahanya namun mengalami kendala ketika akan meningkatkan kapasitas usahanya,” ungkap Gati.

Dalam pelaksanaan Creative Business Incubator tahun ini, Ditjen IKMA berkolaborasi dengan beberapa universitas di Tanah Air, di antaranya Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya. “Kami juga akan bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang selama ini juga aktif membina wirausaha muda kreatif melalui Fisipol Creative Hub dan Akademi Kewirausahaan Masyarakat,” jelasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: