Menkop UKM: Importir Harus Memberikan Edukasi ke Petani Kopi

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
20 Sep 2019   15:00

Komentar
Menkop UKM: Importir Harus Memberikan Edukasi ke Petani Kopi

Menteri  Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) AAGN Puspayoga (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Pertumbuhan industri kopi UKM di Indonesia saat ini mengalami perkembangan seiring dengan meningkatnya angka ekspor kopi Indonesia ke luar negeri. Hal tersebut menjadi perhatian Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) AAGN Puspayoga yang mengatakan bahwa petani kopi membutuhkan edukasi agar dapat memenuhi kualitas kopi dengan standar internasional.

Menurutnya, importir selain membeli kopi, juga harus memberikan pelatihan kepada petani agar kualitas kopi dapat memenuhi standar yang diinginkan.

“Di luar negeri dibutuhkan standar kopi seperti ini. Petani kita belum bisa disitu, makannya saya  minta importir di luar negeri jangan sekedar membeli kopinya saja. Harus ada edukasinya,” ujar Puspayoga saat membuka Smesco Rembug Kopi Nasional 2019, di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (20/9).

Baca Lainnya : Festival Kopi Nusantara Dorong Milenial Kreatif Olah Kopi

Pada kesempatan tersebut Menkop UKM, Puspayoga juga mengatakan bahwa pihaknya mendukung perkembangan UKM di Indonesia dengan mendorong para pelaku UKM bergabung di marketplace. 

Dikatakan Puspayoga, saat pertama kali menjabat sebagai menteri dirinya datang ke salah satu marketplace (Bukalapak) untuk mendorong pemasaran UKM melalui marketplace. 

“Bisa ngga targetnya 2018 2 juta (UKM), kita kerjasama dengan Bukalapak, sekarang udah sampai 4000 yang terlibat, itu salah satu contohnya,” ujarnya.

Baca Lainnya : Petani Kopi Harus Gabung Koperasi untuk Tingkatkan Daya Saing

Selain mendukung masuknya UKM ke marketplace, dirinya juga mendorong UKM mendapatkan kredit murah dan penurunan angka pajak.

“Kemudian bagaimana UKM punya badan usaha, selama ini UKM tidak berani badan usaha, kenapa, karena dikejar pajak, untuk itu pemerintah menurunkan beban pajak UKM,” ujarnya.

Smesco Rembug Kopi Nasional sendiri diselenggarakan mulai 20-22 September 2019 bertempat di Exhibition Hall, Smesco Indonesia. Adapun agenda menarik yang digelar seperti Talkshow startup di bidang kopi, bedah buku barista, pameran kopi nusantara, dan masih banyak lagi. 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: