Mahasiswa Diupayakan Buka Lapangan Pekerjaan Melalui Bisnis Startup Pariwisata

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
08 Sep 2019   20:00

Komentar
Mahasiswa Diupayakan Buka Lapangan Pekerjaan Melalui Bisnis Startup Pariwisata

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melalui unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja menggelar kegiatan workshop bertajuk "Build Your Dream Start Up". (Foto : Dok Kemenpar)

Trubus.id -- Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melalui unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja menggelar kegiatan workshop bertajuk "Build Your Dream Start Up". Para mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai, tapi juga menjadi penyedia lapangan pekerjaan dengan membangun bisnis startup bidang pariwisata.

Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip, Jumat (6/9) mengatakan, pihaknya menyadari bahwa memberikan pendampingan bagi mahasiswa untuk menjadi seorang pencipta lapangan kerja sangat penting untuk dilakukan.

"Mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan, ini merupakan salah satu tantangan yang harus dijawab oleh Politeknik Pariwisata Medan. Tidak hanya menyiapkan SDM siap pakai, tapi Poltekpar Medan juga harus menyiapkan SDM yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain," ujar Anwari Masatip dalam siaran pers Kemenpar, Sabtu (7/9).

Baca Lainnya : Badan Otorita Diminta Lakukan Percepatan Pengembangan Pariwisata Labuan Bajo

Workshop dengan tema "Build Your Dream Start Up" berlangsung pada 6 September 2019 untuk 70 mahasiswa Prodi Manajemen Usaha Perjalanan. Hadir dalam kegiatan tersebut Founder Schlr, Ikhsan Jauhari sebagai pembicara.

Ia menyampaikan materi pembekalan ilmu Enterpreneurship dan pengarahan kepada mahasiswa untuk membangun mimpi dalam membuka usaha/bisnisnya sendiri melalui startup bisnis.

Materi tentang startup sengaja dipilih karena bisnis startup tengah berkembang pesat di Indonesia. Bisnis ini menjadikan perkembangan teknologi seperti web dan internet sebagai acuan dasar. Workshop ini akan terus dilaksanakan secara berkala untuk mahasiswa Poltekpar Medan dari setiap prodi berbeda.

Baca Lainnya : Pulau Rupat di Riau Dinilai Cocok Jadi KEK Pariwisata

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan binis startup saat ini tengah tumbuh di Indonesia terutama di kalangan anak muda.

"Untuk di Indonesia sendiri perkembangannya bisnis startup cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia," ujar Giri.

Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

"Saya mendukung langkah Poltekpar Medan untuk pelaksanaan workshop ini. Para mahasiswa harus mengetahui dan memperoleh pengetahuan terkait bisnis startup, selain menjadi SDM yang siap pakai mereka nantinya dapat menjadi penyedia lapangan pekerjaan juga," tambahnya.

Baca Lainnya : Kunci Sukses Keberhasilan Pariwisata Indonesia Ada Pada SDM Unggul

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan workshop. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya para mahasiswa mampu membuka usaha mandiri di bidang pariwisata, khususnya untuk mendukung pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari lima destinasi super prioritas.

"Poltekpar Medan telah melakukan langkah yang tepat untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki kemampuan wirausaha. Selain kurikulum, mahasiswa juga dibekali dengan kegiatan-kegiatan untuk menambah pengetahuan wirausaha. Kedepannya diharapkan mereka mampu untuk membuka usaha khususnya untuk mendukung Pariwisata Danau Toba,"  kata Arief Yahya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: