Kemenkop UKM Ungkap Koperasi Bisa Memenuhi Kebutuhan Para Pelaku Usaha

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
20 Agu 2019   22:00

Komentar
Kemenkop UKM Ungkap Koperasi Bisa Memenuhi Kebutuhan Para Pelaku Usaha

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM optimis koperasi sektor riil dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha di Tanah Air. Kebutuhan tersebut dimulai dari suplai bahan baku, proses produksi dan pengolahan, pemasaran, sampai pengiriman produk

"Koperasi sebagai organisasi yang berbasiskan anggota merupakan modal sosial yang potensial bagi pelaku usaha untuk berkembang," ujar Asisten Deputi Penyuluhan Deputi Kelembagaan  Kementerian Koperasi dan UKM Bagus Rachman dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (20/8).

Bagus Rachman mengungkapkan, koperasi dapat memenugi apa yang dibutuhkan oleh pelaku usaha.

Baca Lainnya : Petani Kopi Harus Gabung Koperasi untuk Tingkatkan Daya Saing

"Ciri khas koperasi adalah menempatkan rapat anggota sebagai kekuasaan tertinggi sehingga orientasi bisnis koperasi adalah untuk meningkatkan promosi ekonomi anggota. Semakin dirasakannya manfaat bagi anggota dengan berkoperasi, maka militansi anggota akan semakin meningkat. Ini akan menarik masyarakat dapat bergabung ke dalam koperasi," jelasnya.

Dirinya mencotohkan, para petani yang menjadi anggota telah merasakan manfaatnya secara langsung seperti harga jual di tingkat petani lebih baik karena dapat langsung memasarkan produk pertaniannya melalui koperasi.

Sebelumnya, Kemenkop UKM juga menginginkan para pelaku usaha kecil dan menengah agar dapat bersama-sama memanfaatkan peluang ekspor yang bisa dimanfaatkan dengan mengikuti beragam pelatihan seperti untuk meningkatkan kompetensi.

Baca Lainnya : Koperasi Wanita Purworejo Gandeng Perusahaan Korea Tingkatkan Kualitas Gula Kristal Organik

Sementara itu, Asisten Deputi Kewirausahaan pada Deputi Pengawasan Kemenkop UKM Nasrun Siagian mengungkapkan, pelatihan ekspor menjadi salah satu jenis pelatihan yang banyak dilakukan Kemenkop dan UKM antara lain karena banyak pelaku UKM berkeinginan melakukan ekspor namun tidak memiliki informasi yang cukup.

"Pelatihan ini peluang yang harus dimanfaatkan pelaku UKM. Ini sebagai salah bentuk membangun jejaring," kata Nasrun dikutip Antaranews. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: