Provinsi Papua dan Papua Barat Prioritas Penyaluran Program PKH Tahap Empat

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
20 Agu 2019   16:30

Komentar
Provinsi Papua dan Papua Barat Prioritas Penyaluran Program PKH Tahap Empat

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat (Foto : Dok PKH Kemensos)

Trubus.id -- Pemerintah saat ini memprioritaskan provinsi Papua dan Papua Barat dalam penyaluran program keluarga harapan (PKH) tahap IV pada yang berlangsung November 2019 mendatang. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengungkapkan, di kedua provinsi tersebut masih ada daerah yang belum tersentuh bantuan PKH. Daerah itu antara lain Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Tambrauw. 

“Ke kabupaten/kota yang belum terakses. Diprioritaskan untuk korban bencana dan daerah akses sulit,” ujara Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat dikutip dari laman PKH Kemensos yang dilansir dari Validnews.

Harry mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat kordinasi awal untuk perluasan penyaluran PKH di beberapa titik yang sebelumnya belum tersentuh PKH, seperti Kabupaten Tambrauw (Papua Barat), Kabupaten Nduga (Papua), dan Kabupaten Puncak (Papua). Dikatakannya, penyaluran PKH tahap IV menyasar 9,4 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Lainnya : Kolaborasi Kemenperin dan Kemensos Tingkatkan

Sejak tahun 2017, jumlah KPM yang mampu lepas dari bantuan PKH jumlahnya sebanyak 321 ribu. Angka tersebut meningkat pada tahun 2018 menjadi 600 ribu KPM. Kemensos punya target, dalam tahun 2019 akan ada 1 juta keluarga yang ‘lulus’ atau graduasi dari program ini.

“Akhir tahun 1 juta (KPM graduasi dari PKH) bahkan lebih bisa tercapai,” ujar Harry.

Sebelumnya, pemerintah meningkatkan alokasi anggaran PKH dari semula Rp19,2 trilliun pada tahun 2018, menjadi Rp34,4 trilliun pada 2019. Adapun bantuan itu diberikan dengan skema non-flat atau bervariasi.

Tedapat dua jenis bantuan dari penyaluran PKH, yakni bantuan tetap dan bantuan berdasarkan komponen. Bantuan tetap setiap keluarga per tahun adalah Rp550 ribu dan PKH Akses Rp1 juta.

Baca Lainnya : Demi Keadilan, Bantuan Sosial PKH 2019 Diberlakukan Skema Non Flat

Sementara, bantuan berdasarkan komponen setiap jiwa per tahun terdiri dari ibu hamil (Rp2,4 juta), anak usia dini 0-6 tahun (Rp2,4 juta), anak SD/sederajat sebesar Rp900 ribu, SMP/sederajat (Rp1,5 juta), SMA/sederajat (Rp2 juta), serta penyandang disabilitas berat dan lanjut usia 60 tahun ke atas sebanyak Rp2,4 juta.

Jumlah bantuan yang diterima KPM bisa bervariasi, tergantung komponen yang dimiliki dengan pembatasan maksimal untuk 4 orang per keluarga.  PKH ini diberikan 4 kali dalam satu tahun yakni pada bulan Januari, April, Juli, Oktober. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: