Akibat Pemadaman Listrik, Omzet UMKM Jatuh Hingga 75 Persen

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
06 Agu 2019   08:00

Komentar
Akibat Pemadaman Listrik, Omzet UMKM Jatuh Hingga 75 Persen

Ilustrasi pelaku UMKM (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengungkapkan, omzet pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) jatuh hingga 75 persen akibat padamnya listrik di sejumlah wilayah di Jawa pada Minggu (4/8).

"Rata-rata mereka melaporkan ke saya yang terdampak terutama DKI Jakarta, Jawa Barat dan seterusnya, itu mereka itu 75 persen omzetnya menurun," katanya, Senin (5/8).

Menurutnya, hari Minggu adalah kesempatan besar bagi pelaku UMKM untuk menjual produksinya kepada masyarakat.

Baca Lainnya : Pemadaman Listrik Mendadak dan Potensi Kerugian Pada Infrastruktur IT

"Harusnya hari Minggu mereka panen ibarat kata itu waktu ramai kan dan waktunya keluarga cari makan dan seterusnya itu jadi omzet turun 75 persen," ujarnya.

Dikatakannya, para pelaku UMKM juga mengalami kerugian terutama bagi pelaku usaha yang menggunakan pendingin atau freezer untuk bahan makannya. "Itu makanannya rusak tidak bisa terpakai lagi. Itu kan 10 jam lebih, gitu. Jadi sangat merugikan," katanya dikutip Kompascom.

Ikhsan menilai, estimasi kerugian UMKM akibat padamnya listrik bisa mencapai triliunan rupiah. Hal ini lantaran banyaknya jumlah UMKM dibeberapa wilayah yang terdampak, terutama di Jakarta dan Jawa Barat.

Baca Lainnya : Pemadaman Listrik Merugikan Pelaku UMKM

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pengamat ekonomi INDEF Bhima Yudhistira yang menyebutkan, pemadaman listrik yang terjadi di sebagian besar Pulau Jawa sangat merugikan pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM).

Dikatakannya, pelaku usaha UMKM sangat rentan jika terjadi pemadaman dadakan. Sebab mayoritas dari mereka mengandalkan listrik yang disediakan pemerintah. Sementara itu, tidak semua pelaku UMKM mampu membeli genset untuk kebutuhan listrik cadangan. [NN]
 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: