Pemadaman Listrik Merugikan Pelaku UMKM

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
05 Agu 2019   18:45

Komentar
Pemadaman Listrik Merugikan Pelaku UMKM

Ilustrasi UMKM (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Pengamat ekonomi INDEF Bhima Yudhistira menyebutkan, pemadaman listrik yang terjadi di sebagian besar Pulau Jawa sangat merugikan pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Bisa dibayangkan pekerjaan seperti bengkel, makanan minuman yang bergantung pada listrik terganggu," kata Bhima, Senin (5/8). 
 
Dikatakannya, pelaku usaha UMKM sangat rentan jika terjadi pemadaman dadakan. Sebab mayoritas dari mereka mengandalkan listrik yang disediakan pemerintah. Sementara itu, tidak semua pelaku UMKM mampu membeli genset untuk kebutuhan listrik cadangan. 

Baca Lainnya : Pemadaman Listrik Mendadak dan Potensi Kerugian Pada Infrastruktur IT

Tak hanya UMKM yang berdagang di lapak nyata, mereka yang terjun di dunia maya juga terkena dampak. Sebab pemadaman dadakan itu berimbas ke jaringan telepon dan internet. Sehingga memengaruhi jual beli secara daring.
 
"Order jadi terlambat, dan konsumen mengeluh," ujar Bima.
 
Dirinya memperkirakan, kerugian ekonomi melebihi angka ratusan miliar, bahkan menembus triliunan rupiah karena lebih dari 70 persen peredaran uang terpusat di DKI.
 
"Artinya kalau pusat ekonomi terganggu imbasnya ke pertumbuhan secara nasional," ujarnya.

Baca Lainnya : PLN: Hari Ini Masih Ada Pemadaman Listrik
 
Menurutnya, pemerintah perlu memberi ganti rugi. Bima mencontohkan, negara seperti Taiwan dan Korea bahkan memberi listrik gratis. Bahkan, pejabat terkait di kedua ini bahkan memilih langkah ekstrem untuk mundur.
 
Pasalnya, pelayanan energi listrik erat kaitannya dengan investasi di suatu negara. Dia memastikan investasi di manufaktur diperkirakan akan melambat karena investor merasa pasokan energi tidak pasti.
 
"Jika mereka ekspansi pabrik tapi jaminan energi listrik tidak stabil ya mereka cari negara lain yang lebih siap," kata Bima dilansir Medcom. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: