Kepulauan Seribu Kembangkan Energi Listrik Berbahan Sampah

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
22 Juli 2019   17:00

Komentar
Kepulauan Seribu Kembangkan Energi Listrik Berbahan Sampah

Kepulauan Seribu (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, tengah mendorong pengembangan energi listrik terbarukan berbahan sampah sebagai upaya mengatasi persoalan limbah plastik di wilayah tersebut.

"Kami (sedang) mencari teknologi agar sampah laut tidak perlu dibawa ke darat, tapi diolah menjadi energi listrik," ujar Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi di Jakarta, Senin (22/7).

Pemerintah setempat mengungkapkan, bahwa jumlah produksi sampah di Kepulauan Seribu mencapai 40 ton setiap hari. Adapun sebanyak 60 persen dari sampah tersebut merupakan limbah plastik kiriman yang terbawa arus gelombang laut.

Baca Lainnya : Menteri Siti Akan Perluas Aplikasi Bank Sampah 'Sidarling' Pemkot Denpasar 

Junaedi menyampaikan, bahwa penanganan sampah di wilayahnya selama ini hanya sebatas pemungutan dan pemilahan yang dilakukan petugas kebersihan (PPSU) dan bank sampah. Selanjutnya sampah tersebut dibawa ke darat untuk didaur ulang menjadi kompos maupun kerajinan.

Dirinya menilai, selama ini upaya tersebut belum maksimal untuk mengatasi semua persoalan limbah plastik di Kepulauan Seribu.

"Dengan adanya teknologi pengolahan sampah menjadi energi listrik, maka diharapkan mampu mengatasi persoalan limbah plastik," katanya dilansir Antaranews.

Baca Lainnya : Merek Ternama Dunia Ini Rilis Sepatu dari Daur Ulang Sampah Plastik

Jaenudin kedepannya, Pemerintah Kepulauan Seribu akan berkoordinasi dengan beberapa instansi horizontal maupun vertikal yang mengurusi energi dan lingkungan agar dapat mengolah sampah menjadi listrik, termasuk usulan pengadaan kapal pengangkut sampah yang akan ditempatkan di setiap pulau.

Penerapan teknologi pengolahan sampah menjadi listrik juga ditujukan untuk mengatasi persoalan krisis energi di beberapa pulau pribadi dan resort Kepulauan Seribu. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: