Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Trubus Latih Hidroponik di Bogor

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
13 Juli 2019   10:51

Komentar
Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Trubus Latih Hidroponik di Bogor

Suasana pelatihan hidroponik di Aula Kejaksaan Negeri Bogor (Foto : Dok Majalah Trubus)

Trubus.id -- Dalam rangka meriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, Majalah Trubus berkesempatan melakukan dampingan bertanam hidroponik kepada Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor dan masyarakat sekitar di Aula Kejaksanaan Negeri Bogor, Jumat (12/7). 

Hidroponik sendiri merupakan sistem pertanian modern atau teknik budi daya tanaman dengan menggunakan media tanah (media air dan bahan yang bersifat porus, misalnya arang sekam, pasir, batu apung, dan batu kali). Oleh karena media tanamnya bukan tanah, tumbuhan hidroponik sangat digemari oleh  masyarakat yang tidak memiliki lahan.

Tanaman yang lazim ditanam secara hidroponik yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Tanaman yang ditanam cara budidaya hidroponik sayuran memperoleh nutrisi atau makanan dari air yang mengandung zat anorganik yang diberikan melalui pipa air atau dengan cara disiramkan.  

Baca Lainnya : Perguruan Tinggi di Yogyakarta Cetak Petani Milenial Kota dengan Hidroponik

Riefza dari Majalah Trubus sebagai pemberi materi mengungkapkan, peserta sangat antusias mengikuti pelatihan karena hidroponik bisa dikatakan sebagai hal yang baru. 

“Peserta sangat tertarik dengan materi hidroponik karena itu salah satu hal baru bagi mayoritas peserta. Meski agak bingung saat penyampaian materi, tapi mereka antusias ketika sesi praktik berhidroponik. Salah satu peserta tertarik membikin instalasi hidroponik di rumah,” terangnya.

Riefza mengakui, ada salah satu peserta yang sudah mempraktekan bertanam hidroponik namun saat ini sedang berhenti. Untuk itu, dirinya berharap dengan adanya pelatihan ini masyarakat bisa bercocok tanam dalam skala kecil,menengah, dan skala industri. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: