UMKM di Babel Didorong Menjadi Eksportir Lada Putih

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
28 Juni 2019   13:00

Komentar
UMKM di Babel Didorong Menjadi Eksportir Lada Putih

Ilustrasi lada putih (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lada putih yang menjadi komoditas unggulan di Kepulauan Bangka Belitung, menjadi peluang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjadi eksportir lada putih sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Pelaku UMKM ini harus bangkit dengan menciptakan kemasan menarik dan segera mengurus nomor ekspor lada putih tersebut," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat menghadiri Hari UMKM Internasional di Pangkalpinang, Jumat (28/6).

Dikatakan Erzaldi, lada putih Bangka Belitung sangat bagus karena memiliki cita rasa pedas dan aroma khas yang sangat diminati pasar internasional.

"Selama ini lada putih Babel dimanfaatkan Vietnam. Lada dari Vietnam ini dicampur lada Babel dan dijual ke berbagai negara," katanya.

Baca Lainnya : Hari UMKM Internasional Sebagai Wujud Nyata Perhatian Dunia

Menurutnya, bubuk lada dari Vietnam yang dipasarkan di Australia seharga 38 dolar per 100 gram dan harga biji lada kemasan 25 dolar per 100 gram atau setara Rp250.000 per 100 gram.

Sementara itu harga lada petani di Bangka Belitung ditingkat pedagang pengumpul Rp42.000 per kilogram atau mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya Rp50.000 per kilogram.

Baca Lainnya : UMKM Kuliner Berhasil Angkat Permintaan Nasional Tepung Terigu

"Baru kemarin saya mengunjungi anak di Australia dan melihat lada Vietnam dipasarkan di negara tersebut," ujarnya.

Oleh sebab itu, dirinya meminta pelaku UMKM untuk bekerja sama dengan petani mengekspor lada putih ini, guna meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Tahap pertama, UMKM segera mengurus nomor ekspor komoditas komoditas tersebut," ujarnya seperti dilansir Antaranews. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: