Kemenkop UKM Dorong Pelaku UMKM Kelola Data Strategi Bisnis

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
27 Juni 2019   10:00

Komentar
Kemenkop UKM Dorong Pelaku UMKM Kelola Data Strategi Bisnis

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengelola data sebagai acuan dalam rancangan strategi bisnis yang dapat meningkatkan performa penjualan.

"Pelaku UMKM harus familiar dengan data, mereka harus melek data. Sekarang banyak aplikasi yang memudahkan mereka dan mereka harus jeli mana aplikasi yang bisa mendorong mereka maju," ujar Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM dalam acara forum interaktif menyambut Hari UMKM Internasional di Auditorium Gedung Kemenkop dan UKM di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Forum interaktif bertajuk "Kelola Data dan Analisis Penjualan & Rancang Strategi Lebih Cekatan" tersebut berkolaborasi dengan Moka, start up penyedia sistem kasir digital Indonesia dan dihadiri oleh sejumlah pelaku UMKM binaan Kemenkop dan UKM.

Baca Lainnya : Koperasi Kopi Bandung Sukses Tembus Pasar Dunia

Pada kesempatan tersebut, VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan, menyampaikan pelaku UMKM di Indonesia masih sedikit yang mengadopsi teknologi terutama dalam hal pengelolaan data untuk kepentingan pengembangan bisnis.

Menurutnya, jumlahnya hanya sekitar 16 persen dari total 64 juta pelaku UMKM yang terdata oleh Kemenkop dan UKM telah melek digital.

"Padahal pemanfaatan teknologi dapat menghasilkan banyak data yang merupakan aset berharga untuk diolah menjadi wawasan baru," kata Bayu.

Baca Lainnya : Kualitas Koperasi di Kalteng Meningkat dalam Tiga Tahun Terakhir

Rifqi Rianputra selaku Direktur Pigeonhole Coffee salah satu pelaku usaha yang sukses menjalankan bisnisnya melalui pemanfaatan data dan teknologi mengungkapkan, mengelola data sangat penting untuk ambil kesempatan saat melakukan promo.

"Data itu kita perlu untuk bisa mengambil tindakan, seperti kapan untuk mengeluarkan promo yang tepat agar jangan sampai promo itu justru merugikan," imbuhnya. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: